• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Usulkan Forum Internasional Pengawasan dan Peradilan Pemilu

JAKARTA, Badan Pengawas Pemilu- Bawaslu mengusulkan agar negara-negara Asia dan Afrika membentuk forum kerja sama yang bergerak dalam bidang pengawasan dan peradilan pemilu. Bawaslu meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi  membawa usulan tersebut dalam Konferensi Asia Afrika yang akan diselenggarakan di Bandung, April 2015 mendatang.

“Melalui Konferensi Asia Afrika (KAA) kami mohon kepada Presiden agar merekomendasikan dibentuknya semacam forum kerja sama negara Asia Afrika terkait pengawasan dan peradilan pemilu. Forum kerja sama ini nantinya yang akan menjadi pusat pembelajaran dan pusat berbagi pengalaman bagi negara-negara yang sedang menjalani konsolidasi demokrasi,” ujar Ketua Bawaslu Muhammad saat diterima Presiden di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (24/2/2015).

Dia mengatakan, dalam hal pembentukan dan pelaksanaan pekerjaan forum tersebut, Bawaslu siap menjadi motor penggerak. Dengan demikian, katanya, Indonesia dalam berada pada garda terdepan untuk memperkuat konsolidasi demokrasi bagi negara-negara di Asia dan Afrika.

Usulan itu mengemuka mengingat keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan Pemilu Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 lalu. Penyelenggaraan Pemilu 2014 yang diprediksi akan berjalan atau berujung rusuh, justru tetap berjalan damai.

Menurut Muhammad, Bawaslu, KPU dan seluruh jajarannya telah membuktikan konsolidasi demokrasi di indonesia mengalami kemajuan pesat. “Model sinergi penyelenggara pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) bisa menjadi model standar negara-negara yang dalam masa transisi demokrasi untuk memperkuat konsilidasi demokrasi di negaranya,” katanya.

Karena itu, ujar Muhammad, bangsa Indonesia berkewajiban membagi pengalaman konsolidasi demokrasi itu kepada negara lain, terutama negara di Asia dan Afrika.

Presiden Jokowi juga mengamini keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2014. Ia menuturkan, dalam banyak pertemuannya dengan kepala negara lain, beberapa kepala negara menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Indonesia menyelenggarakan pemilu tanpa konflik dan kerusuhan yang signifikan.

“Dan akhirnya kita melihat bahwa memang masyarakat kita, juga partai-partai politik juga peserta pemilu semuanya sudah dewasa dalam politik dan itu memang diapresiasi oleh negara-negara lain. Kelihatannya pemilu kemarin keras sekali, tapi happy ending semua,” kata Jokowi dalam forum yang sama.

 

Penulis    : Deytri Aritonang

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 31 Januari 2019 - 10:30 WIB
Tempat :
Jakarta, Senayan.
Waktu:
Jumat, 8 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 7 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 6 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Minggu, 3 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019