• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Tukar Pengetahuan Pemilu dan Pengawasan dengan 8 Negara

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menggelar sarasehan sekaligus pertukaran pengetahuan (exchange of view) terkait pemilu dan pengawasan pemilu dengan delapan negara sahabat Indonesia, Selasa (12/5/2015). Kegiatan tersebut diharapkan mampu memberi masukan bagi perbaikan demokrasi, pemilu dan pengawasan pemilu di Indonesia.

 

Delapan Negara tersebut adalah Argentina, Finlandia, Rusia, Amerika Serikat, Tunisia, Filipina, Afrika Selatan dan India. Setiap Negara diwakili oleh pihak kedutaan besarnya di Jakarta.

“Kami senang sekali mendengar paparan dan pandangan rekan-rekan dari Negara sahabat. Sangat berguna bagi pembelajaran demokrasi, pemilu dan pengawasan pemilu,” ujar Ketua Bawaslu Muhammad dalam pernyataan penutupya pada acara bertajuk “Focus Group Discussion, Exchange of Views on General Election Supervision with Eight oh The Embassy of The States in Jakarta”.

Ia mengatakan, pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu, yaitu Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja. Pemilu juga tanggung jawab bersama semua komponen masyarakat. Untuk itu, Bawaslu bertanggung jawab membentuk forum untuk mencari formula yang tepat untuk mengembangkan pengawasan partisipatif.

Forum tukar pengetahuan tersebut adalah salah satu upaya Bawaslu untuk merumuskannya.

Muhammad mengatakan, pihaknya mendapat banyak masukan dan pembelajaran mengenai pemilu dan pengawasan pemilu. Ia berharap, pengetahuan itu dapat juga dibagikan kepada pemangku kepentingan pemilu dan pengawasan pemilu lainnya. Misalnya, ujar dia, KPU, perguruan tinggi dan organisasi pegiat pemilu.

“Karena itu, kami berharap kesediaan Bapak dan Ibu (wakil Negara sahabat) untuk berpartisipasi dalam seminar internasional yang akan kami gelar Agustus nanti,” ujar Guru Besar Ilmu Politik Universitas Hasanuddin itu.

Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Kelembagaan Salman Al Farisi mengatakan, pihaknya mendukung Bawaslu agar dapat memperoleh praktik terbaik (best practice) dalam penyelenggaraan pemilu, terutama terkait pengawasan. Pengalaman terbaik dari Negara-negara sahabat, ujar Salman dapat diterapkan di Indonesia yang memang sedang membangun demokrasi.

 “Kemlu memberi dukungan penuh pada Bawaslu agar bisa mendapat best practices (praktik terbaik) dalam penyelenggaraan pemilu, khususnya pengawasan,” ujar  Salman Al Farisi dalam sambutannya.

Ia menuturkan, penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentang menjadi tantangan yang besar bagi Bawaslu untuk mencegah kecurangan dan pelanggaran pemilu. Sebab, menurut Salman, pilkada serentak lebih rumit dibandingkan yang tidak serentak.

Forum tersebut mendapat apresiasi dari para peserta yang merupakan perwakilan dari delapan Negara sahabat. Wakil Kepala Bagian Politik Urusan Politik Domestik Kedutaan Besar Amerika Serikat Craig L Hall mengatakan, negaranya mempelajari sistem pemilu di Indonesia untuk diterapkan di Amerika Serikat.

“Saya senang dengan forum ini. Pemilu Indonesia pada 2014 sangat berhasil dan menjadi pembelajaran bagi Negara yang sedang membangun demokrasi. Kami sangat suka dengan kebijakan pemilu di Indonesia,” ujar Craig.

Hal yang sama juga disampaikan Duta Besar Argentina Ricardo Luis Bocalandro. Ia mengatakan, forum pertukaran pengetahuan itu dapat menjadi wadah pembelajarannya baginya. Mengingat, ujarnya, Argentina juga akan menggelar pemilu presiden.

Forum tersebut merupakan rangkaian acara seminar internasional yang akan digelar Bawaslu di dua universitas pada Agustus 2015 mendatang. Acara itu dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu, terutama penyelenggaraan pilkada serentak 2015.

Sekretaris I Kedutaan Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Moses Phahlare saat memaparkan sistem demokrasi, pemilu dan pengawasan pemilu di negaranya
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu