• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Tingkatkan Pemahaman Bersama Lewat Bimtek Kesekretariatan Tahap I

Makassar, Bawaslu – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan mengamanatkan integritas serta netralitas sekretariat Bawaslu Provinsi sebagai pendukung pengawas pemilu serta dalam rangka melakukan tugasnya melakukan pengawasan Pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD secara maksimal dengan melakukan tugasnya sesuai dengan peraturan perundang – undangan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesekretariatan Tahap I (Pertama) di Makassar, pada hari Kamis (28/11) sampai dengan Sabtu (30/11).
 

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesekretariatan Tahap I ini mengundang 17 Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi dan 68 (enampuluh delapan) Kepala Sub Bagian yang merupakan perwakilan dari lingkungan tiap – tiap Bawaslu Provinsi. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yang berasal dari Konsultan dan Tim Asistensi Bawaslu RI dan mengundang narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Uding.J. yang membidangi bagian Sistem Pengendalian Gratifikasi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu RI Muhammad, Pimpinan Bawaslu Nelson Simanjuntak, Endang Wihdatiningtyas, Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro, Ketua Bawaslu Provinsi Makassar Arumahi, Plt Kepala Bagian Administrasi Dermawan Adhi Santoso, Kepala Bagian SDM, Roy Siagian, Kepala Bagian Umum Dirja Abdul Kadir, Kepala Bagian Keuangan Ernawati Perangin-angin, Kepala Bagian Analisis Teknis Pengawasan Ferdinand E.T, Kepala Sub Bagian Protokol Iris Pramono, Kepala Sub Bagian TU Pimpinan Joko Sutrisno.

Plt. Kepala Bagian Administrasi pada laporan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini mempunyai sasaran yang ingin dicapai yaitu, mampu memfasilitasi Bawaslu Provinsi dalam melakukan pengawasan pemilu, memfasilitasi tindak lanjut dalam pelanggaran dan mampu memfasilitasi pelaksanaan klarifikasi, serta trampil dalam memfasilitasi pada kegiatan Pemilu , mampu menyusun laporan dan evaluasi pengawasan.

Adapun pokok bahasan materi yang dihadirkan yaitu, Gratifikasi dan Sistem Pengendalian Gratifikasi, Struktur Organisasi Sekretariat Pengawas Pemilu , Penyusunan Program Kerja Penganggaran dan Pelaporan, Tata Laksana Administrasi Persuratan dan Keuangan, Tata Laksana dan Sosialisasi Pengawasan Serta Penanganan Pelanggaran Pemilu, serta Hukum Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga.

Selanjutnya Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro dalam sambutan pembukaan kegiatan mengatakan penguatan organisasi Bawaslu Provinsi harus di bangun karena Bawaslu Provinsi relatif baru lahir di tahun 2012 bahkan baru di bentuk tahun 2013, tentu perlu adanya penyamaan visi dan misi.

“Kami ingin membangun Bawaslu Provinsi ini lebih maju, lebih mandiri sehingga perlu kita lakukan bimbingan teknis,” ujarnya. Ia juga menekankan bahwa betapa pentingnya melakukan penguatan di lingkungan Bawaslu Provinsi karena menurutnya sekretariat merupakan fasilitator yang harus mampu untuk mendukung kinerja pengawasan pemilu.

“Sekretariat bukan hanya saja mengurusi keuangan saja, namun harus mampu mengawasi. Ini tercantum di UU 15 tahun 2011, ketika pengawasan itu tidak bisa berjalan karena alasan tertentu pada Komisionernya, Sekretariat yang harus melakukan untuk sementara,” ujarnya.

Senada disampaikan oleh ketua Bawaslu Muhammad mengatakan, definisi penyelenggara menurut Bawaslu adalah sinergitas, koordinasi keterpaduan antara komisioner dan jajaran Sekretariat Jenderal Bawaslu yang merupakan kesepakatan di dalam pleno Bawaslu RI. Oleh karena itu ia menegaskan komitmen tersebut harus dikawal secara konsisten sampai pada pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden.

“Perlu adanya sinergitas antara Komisioner dan Kesekretariatan karena seiring proses komitmen yang di bentuk Bawaslu RI yaitu membawa lokomotif mendapatkan predikat wajar dengan pengecualian,” pungkasnya. [HW]

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

Savero Bawaslu

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu