• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Temukan Masalah Metode Surat Suara KSK dan Pos Hasil Pengawasan Panwaslu LN

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Konferensi Pers Bersama antara Bawaslu KPU, dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Senin (5/2/2024).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menemukan beberapa permasalahan dalam pemilihan umum melalui kotak suara keliling (KSK) di luar negeri (LN). Hal itu disampaikan Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Konferensi Pers Bersama antara Bawaslu KPU, dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Senin (5/2/2024).

Dari segi logistik dan manajemen kata Herwyn, menjadi permasalahan yang kompleks, termasuk pengaturan distribusi kotak suara, pengawasan, dan keamanan.

"Seperti di Dubai, belum semua tempat pelaksanaan pemungutan suara KSK ditentukan," kata Herwyn.

Kemudian dari sisi keterbatasan akses dia menjelaskan, yaitu, terdapat lokasi tinggal pemilih yang jauh dari pusat komunitas atau lokasi KSK. Dia memberi contoh beberapa temuan, di antaranya, Muscat, Oman. Di sana, ungkap Herwyn, pemilih mengalami keterbatasan waktu pemberian suara dengan alasan sedang bekerja.

Sementara itu di Houston, Amerika, pelaksanaan pemungutan suara KSK membutuhkan perjalanan darat dengan titik terjauh ditempuh dalam waktu 21 jam.

"Sehingga pemilih tersebut mengalami kesulitan untuk memberikan suara," terangnya.

Lalu pria asal Manado itu turut menyampaikan hasil pengawasan Panwaslu LN terkait pemungutan suara dengan metode Pos. Di mana salah satu permasalahannya, terdapat kerusakan surat suara saat proses penyortiran dan pengiriman.

Dia memberikan contoh temuan Panwaslu LN terkait logistik surat suara yang terjadi di Taipei, Taiwan. Yang mana dia menerangkan, ditemukan surat suara rusak berupa surat suara tercoblos tidak sesuai prosedur. Juga ada laporan masyarakat terkait data Pemilih ganda di Malaysia

"Terkait itu, kasus tersebut sedang dalam proses penanganan pelanggaran," terangnya.

Editor: Hendi Purnawan
Fotografer: Baini Taslihudin

Tag: 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu