• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Targetkan Raih WTP 2016

Lombok, Badan Pengawas Pemilu – Bawaslu kembali menargetkan dapat meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan tahun anggaran 2016. Sebagaimana di tahun 2015, Bawaslu menerima predikat WTP setelah dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 

Ketua Bawaslu RI Muhammad mengapresiasi kinerja jajaran sekretariat yang telah berhasil membawa Bawaslu untuk kali pertama meraih WTP di tahun 2015. Di tahun 2016, Muhammad juga berharap dapat meraih kembali predikat WTP.

 

“Kami jajaran pimpinan sangat menyadari bagaimana sulitnya menyusun pertanggungjawaban laporan keuangan. Namun kami sangat berharap jajaran sekretariat dapat menyusun dengan baik sehingga kita dapat meraih WTP kembali,” ujar Muhammad ketika membuka acara Penyusunan Laporan Keuangan Satuan Kerja di Lingkungan Bawaslu Tahun 2016 di Santosa Villas & Resort Lombok, Rabu (1/2) malam.

 

Sementara Pimpinan Bawaslu RI sekaligus Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Endang Wihdatiningtyas mengatakan, pengawas Pemilu seharusnya tidak hanya sukses dalam mengawasi jalannya Pemilu namun juga sukses dalam pertanggungjawaban keuangan. “Jangan hanya sukses melakukan pengawasan namun banyak temuan ketika dilakukan pemeriksaan oleh BPK,” tegas Endang.

 

Yang terpenting, kata Endang, serapan anggaran juga baik. Hal ini menunjukkan Bawaslu juga sukses dari sisi perencanaan anggaran. “Kita harus berhasil dalam hal menyusun anggaran di awal sampai dengan akhir yakni mempertanggungjawabkannya melalui laporan keuangan,” ujar Endang.

 

Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro menambahkan, semua provinsi harus benar-benar memeriksa laporan keuangannya agar ketika diperiksa oleh BPK sudah tidak ada lagi kekurangan. “Semua provinsi harus mempersiapkan laporan keuangan tahun 2016 dengan baik. Jangan sampai kita sudah meraihnya di tahun 2015 namun kita tidak mampu mempertahankannya,” pungkas Gunawan.

 

 

Penulis/Foto: Pratiwi/Nurisman

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu