• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Susun Finalisasi Instrumen IKP 2017

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Setelah melakukan dan melaksanakan brainstorming Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), perumusan IKP, dan uji aspek IKP, bagian ATP Biro Hukum Humas dan Pengawasan Internal Bawaslu RI kembali menggelar Rapat Finalisasi Instrumen Indeks Kerawanan Pemilu sebagai persiapan menjelang pilkada serantak jilid II yang akan diselenggarakan pada Februari 2017 mendatang.

 

Kepala Bagian ATP Feizal Rachman mengatakan IKP  diperkirakan akan diresmikan (launching) pada bulan Agustus 2016. “Paling lambat di bulan Agustus 2016,” tegas Feizal saat pembukaan kegiatan Finalisasi Instrumen IKP Pilkada Serentak Tahun 2017 yang dibuka langsung oleh Pimpinan Bawaslu RI Daniel Zuchron di Hotel Arya Duta, Selasa (31/5).

 

Dijelaskan Feizal, definisi dari konsep kerawanan pemilu pilkada adalah segala hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilu yang demokratis. Tujuan dari IKP adalah sebagai alat untuk melakukan pemetaan, prediksi pengukuran,  dan deteksi dini dalam menentukan wilayah-wilayah prioritas yang didentifikasi sebagai wilayah rawan dalam proses pemilu. “Selain itu juga sebagai alat untuk mengetahui karakteristik dan kategori kerawanan dari berbagai wilayah yang akan melangsungkan pemilu,” jelas Feizal.

 

Sedangkan kegunaan IKP bagi Bawaslu dan stakeholder, sambungnya, adalah sebagai sumber data rujukan dalam produksi pengetahuan dan dalam mengambil keputusan, terutama bagi langkah-langkah antisipasi terhadap berbagai hal yang dapat menghambat dan menggangu proses pemilu di berbagai daerah di Indonesia.

 

Setelah kegiatan launching,  akan digelar stadium general pada  tiga perguruan tinggi yaitu Unsiah (Aceh), Unpad (Jawa Barat),  dan Unhas (Sulawesi Selatan) terkait IKP 2017.

 

Penulis/Foto: Muhtar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu