• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Supervisi Pemilu di Taiwan

altTaipei, Badan Pengawas Pemilu– Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad didampingi oleh Sekretaris Jenderal Bawaslu, Gunawan Suswantoro melaksanakan supervisi pengawasan pelaksanaan Pemilu Luar Negeri di Taiwan, (4/4).

Berdasarkan hasil pengawasan persiapan pemungutan suara,  secara garis besar laporan hasil pengawasan persiapan pemungutan suara, yakni Kondisi TPSLN yang kecil dengan jumlah pemilih yang banyak. Sebagai contoh adalah TPSLN 3 di New Taipei yang terletak di dalam Toko garuda. Jumlah pemilih kurang lebih 1.300 orang dengan luas ruangan terbatas, sehingga pengaturan denah pintu masuk dan keluar ada pada pintu yang sama. Di TPSLN 6 New Taipei jumlah pemilih sebesar kurang lebih 1.400 orang dengan lokasi TPS kurang lebih berukuran 4M X 6M . Di TPS 38 Taoyuan jumlah pemilih sekitar 1.700 orang.

Berkaitan dengan penggunaan pos. Potensi rawan yang muncul adalah karena belum ada sistem pengamanan yang dapat mengetahui apakah si pengirim pos ke PPLN adalah orang yang sama yang menjadi tujuan PPLN, karena pada saat sampai tempat tujuan, tidak ada keterangan siapa yang menerima. Sehingga dimungkinkan terjadi surat suara tersebut diterima oleh orang yang berbeda dan dikirimkan kembali ke PPLN dalam keadaan sudah tercoblos.

Potensi lainnya yang muncul adalah ada pemilih yang menyatakan bahwa dirinya tidak menerima kertas suara via pos, dan ingin memilih di TPSLN. Padahal dia terdata sebagai pemilih yang menggunakann pos. Masih adanya  WNI yang tidak mendapat undangan, ada WNI yang tidak merasa menerima kertas suara lewat pos, lokasi TPSLN yang jauh dari tempat pemilih yang terdaftar dan pemilih tersebut hanya mendapatkan ijin waktu yang sempit, masih adanya WNI yang tidak terdaftar dan masuk dalam kategori DPKTbLN, yang menyebabkan ia harus memilih satu jam sebelum pemungutan suara di tutup sementara ia tidak mendapat ijin oleh majikannya untuk menunggu sampai sore.

Menurut laporan,. Panwas LN juga menemukan dugaan ketidaknetralan Anggota KPPS pada saat pengawasan persiapan pemungutan suara. Panwas menemukan adanya atribut organisasi underbow partai tertentu di toko yang akan dijadikan TPS. TIM Supervisi dari pusat dan  Panwas kemudian menurunkan atribut tersebut.

Sementara itu, Dari 40 TPS yang ada, jumlah TPS yang diawasi oleh pengawas pemilu luar negeri sejumlah 16 TPSLN dengan dasar pertimbangan suara pemilih terbanyak dan adanya indikasi akan akan terjadinya dugaan pelanggaran. Dinamika pemungutan suara dan pencegahan yang dilakukan  oleh pengawas pemilu:

Secara umum, karena keterbatasan lokasi, TPS dibangun tidak sesuai dengan ketentuan PKPU seperti misalnya daerah tengah ada 3 TPS di Thaicung yang bilik suaranya tidak ada tirai dibelakang sehingga tidak memenuhi asas luber, Panwaslu merekomendasikan untuk memasang tirai.

Berdasarkan hasil koordinasi antara Bawaslu RI, PPLN dan KDEI, di ketahui bahwa pelaksanaan pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2014 mulai pukul 08.00 – 18.00 yang tersebar di 40 TPS. Berdasarkan keteranganPPLN ,Jumlah awal Pemilih yang terdaftar adalah sebanyak 250.000 orang, hingga kemudian terkoreksi karena ada beberapa pemilih yang sudah kembali ke tanah air. Hingga jumlahnya menjadi 211.055 orang.  Metode pemberian suara dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu melalui pos dan pemberian langsung di TPSLN. Drop box tidak digunakan di Taiwan mengingat keterbatasan petugas dan kendala geografis yang kurang mendukung.

 

Penulis                  : Tim Supervisi Bawaslu

Editor                    : Falcao Silaban

 

alt

 

Keterangan

Ketua Bawaslu Muhammad dan Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro memimpin tim ini untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan Pemilu Legislatif Tahun 2014, di Taipei, Jumat (4/4). Foto: Iris Pramono

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 10 Juni 2019 WIB
Tempat :
Depan Gedung Bawaslu RI
Waktu:
Rabu, 29 Mei 2019 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu Jl. M.H Thamrin 14, Jakarta Pusat
Waktu:
Jumat, 7 Juni 2019 WIB
Tempat :
Cuti Bersama
Waktu:
Kamis, 6 Juni 2019 WIB
Tempat :
Waktu:
Rabu, 5 Juni 2019 WIB
Tempat :

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat