• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sulut Gelar Rakor Stakeholder Persiapan Pengawasan Pilgub Tahun 2015

Manado, Bawaslu - Perjalanan pemilihan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di provinsi Sulawesi Utara  berjalan dengan penuh dinamika dan baik. Tonggak bersejarah dimana untuk pertama kalinya Pilgub menampilkan gubernur pertama di Indonesia, yang dipilih langsung oleh rakyat, lewat sistem pemilu kada langsung pada tanggal 20 Juni 2005. Suksesnya pileg dan pilpres bukan kesuksesan bagi penyelenggara pemilu yang melaksanakan, tetapi ini juga didukung oleh Gubernur Provinsi Sulut yang berperan aktif bersama dengan bupati dan walikota se-provinsi Sulut yang merupakan stakeholders pemilu bersama dengan pemantau dan masyarakat di Sulut.

Demikian disampaikan Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Johny AA Suak dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Stakeholders Persiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di provinsi Sulawesi Utara Tahun 2015, Rabu (19/11) di Manado. Hadir dalam Rakor ini antara lain Ketua Bawaslu RI, Muhammad, Pimpinan Bawaslu RI, Daniel Zuchron, Pimpinan Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas, Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang, Ketua Bawaslu Provinsi Sulut, Herwyn Malonda, Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulut, Syamsurijal AJ Musa, Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut, Herry Z Mawuntu, DPRD Sulut, KPU/Bawaslu, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/wakil walikota , ketua DPRD se-Sulut, KPU se Sulut, Pengawas Pemilu, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas, Pemantau Pemilu, Akademisi dan pemerhati politik di Sulut.

“Pada pemilu gubernur, bupati/walikota secara langsung tanpa melalui perwakilan merupakan esensi dari implemantasi sistem demokrasi yang kita harapkan bersama sehingga menghasilkan pemimpin-pemimpin yang terpilih melalui pemilihan secara langsung yang mempunyai legitimasi yang kuat sebagai pemimpin pemerintahan dan juga sebagai repesentasi wakil rakyat dalam menjalankan amanat sesuai UUD 1945,” jelas Johny.

Ia menjelaskan bahwa berkenaan dengan itu, Bawaslu melalui kegiatan Rakor stakeholders dalam rangka persiapan pengawasan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2015 mengajak seluruh stakholders pemilihan gubernur, bupati dan walikota dan seluruh elemen masyarakat di Provinsi Sulut untuk saling bekerja sama mengawasi penyelenggaraan pemilu melalui pengawasan partisipatif masyarakat.

“Rakor persiapan, apapun yang terjadi ke depan Bawaslu Sulut siap sedia mengawasi pemilihan gubernur, bupati/walikota di Provinsi Sulut tahun 2015,” tegasnya.

Selain itu, kata Johny, kegiatan ini merupakan upaya Bawaslu untuk meyakinkan masyarakat dan stakeholders untuk melakukan koordinasi hubungan antar kelembagaan dalam rangka pengawasan pemilihan gubernur, bupati dan walikota dan kegiatan serupa yang akan digelar provinsi provinsi lain.

Ada beberapa aspek yang akan dicapai dalam penyelenggaraan rakor stakeholder ini. Pertama adalah melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan para stakeholder provinsi sulut dan kabupaten/kota, pemerintah daerah, ormas dan tokoh adat, tokoh masyarakat dan media dalam rangka persiapan pengawasan pemilihan gubernur, bupati dan walikota tahun 2015. Kedua kami melakukan talkshow dalam rakor ini dimana kegiatan talkshow itu kita akan mendapatkan masukan, bertukar pengalaman, dan menjalin hubungan dengan para stakeholder dalam rangka pengawasan penyelenggaraan pemilihan gubernur lebih baik lagi dari pileg dan pilpres.  Ketiga, menggali masukan dari berbagai pihak dalam aspek sosial dan politik sehingga mendapatkan suatu metode pengawasan pemilihan gubernur, bupati dan walikota. Keempat rakor ini kiranya dapat menjadi acuan bagi Bawaslu untuk menyusun agenda kerja Bawaslu provinsi ke depan terkait pengawasan pelaksanaan pemilihan gubernur, bupati dan walikota di tahun 2015.

 

Penulis                 : Christina Kartikawati

Foto                       : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

Savero Bawaslu

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu