• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Siapkan Panduan Pengawasan Pemungutan Perhitungan Suara

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempersiapkan Panduan Pengawasan Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. Persiapan tersebut dilakukan karena merupakan cara mengoptimalisasikan pengawasan pungut hitung dengan melibatkan Sekretariat Pengawas Pemilu dan Masyarakat.

"Kami di jajaran pengawas pemilu telah mempersiapkan langkah langkah cepat yang harus dipedomani dan dipersiapkan sebagai panduan pengawasan pungut hitung suara yang berfungsi sebagai antisipasi dugaan pelanggaran di TPS, PPS, PPK. Selain itu kami persiapkan Buku Panduan Teknis dan Video Turtorial Pengawasan Pemungutan dan Perhitungan Suara," ujarnya pada saat Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPR RI, Kamis (3/7).

Muhammad menjelaskan, untuk mengimplemtasikan Buku Panduan, bahwa pihaknya sudah menyusun dan menyampaikan dan menginstruksi kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu ditingkat Provinsi dan Panwaslu Kabupaten dan Kota untuk melakukan pengawasan pada masa tenang, persiapan pelaksanaan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara, serta Rapat Pleno Rekapitulasi di PPS dan Penyerahan Kotak Suara dari PPS ke PPKsebagai persiapan pengawasan pemungutan dan perhitungan suara Pilpres.

Selain itu, lanjut Muhammad mengatakan sebagai bentuk pelaksanaan pengawasan pemungutan suara pihaknya juga memastikan agar mengawal proses penyampaian hasil pengawasan serta pelaksanaan supervisi secara berjenjang.

“Yang dilakukan oleh PPL agar menyampaikan laporan Pengawasan Rekapitulasi hasil perhitungan suaradi PPS serta penyerahan kotak suara dari PPS ke PPK dan ke Panwascam paling lambat sehari setelah pelaksanaan pleno Rekapitulasi di PPS,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunanjar mengatakan menjelang pemunggutan suara pemilih KPU dam Bawaslu diminta untuk mengingatkan para petugas penyelenggara pemilih Presiden dan Wakil Presiden baik di TPS, Desa , dan Kecamatanuntuk bekerja lebih jujur dan memotivasi sebagai pejuang-pejuang tegaknya dan tertibnya demokrasi.

Selain itu Agun juga meminta KPU dan Bawaslu melakukan koordinasi denga aparat pemeritah dan Polri di pusat maupun di daerahterkait langkah – langkah pengamanan dan dukungan pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang damai, jujur, dan adil.

 

Penulis  : Hendru Wijaya

Editor    : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 24 September 2019 WIB
To event remaining 3 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Bali
Waktu:
Sabtu, 21 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Jumat, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu