• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu RI Jamin Semua TPS Diawasi Panwas

Ketua Bawaslu RI saat menjadi narasumber pada Election Visit Program 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (14/2).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI, Muhammad, memastikan pengawas Pemilu ditempatkan di semua TPS pada Pilkada Tahun 2017. Panwas akan memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan sesuai aturan dan bebas dari kecurangan.

 

“Kami bisa pastikan tidak satupun  TPS tidak ada panwasnya, kami yakinkan publik bahwa pilkada 2017 semua TPS berapun jumlahnya pasti ada panwasnya”, ujar Muhammad di hadapan para delegasi dan peserta Diskusi Seminar Election Visit Program (EVP) yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (14/02).

 

Muhammad menegaskan, pengawas pemilu di semua tingkatan baik untuk Pilgub atau Pilbup dan Pilwakot terutama Bawaslu Provinsi, Panwas kabupaten atau kota, kecamatan di lapangan dan TPS dalam posisi siap. Untuk melakukan fungsi pelaksanaan pengawasan pemilihan kepala daerah.

 

Selain menghadirkan Panwas di setiap TPS, menurut Muhammad Bawaslu RI juga juga mengembangkan pengawasan pemilu berbasis teknoklogi dan informasi. Setiap Panwas yang berada di TPS dibekali dengan telepon pintar untuk memotret berkas C plano sebagai data awal dan juga basis data angka pemilih di tiap-tiap TPS. Angka-angka tersebut akan direkap secara berjenjang sehingga bisa menjadi data pembanding bagi Bawaslu.

 

“Misalnya angka data base TPS A itu 10 maka rekap di kecamatan tidak boleh bertukar dari angka 10 karena panwas punya photonya, naik ke kabupaten kota juga tidak boleh berubah naik ke Provinsi sampai penetapan paslon , inilah program strategi pengawasan bawaslu untuk menghindari oknum melakukan perubahan hasil” jelasnya.

 

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Hasanuddin itu juga menyampaikan kepada semua delegasi yang hadir pada Election Visit Program, semua pihak diharapkan dapat membantu kerja Panwas. Lantaran keberhasilan Pilkada akan terwujud bila semua pemangku kepentingan saling bekerja sama. Khususnya terkait laporan dugaan pelanggaran Pemilu.

 

Election Visit Program pada Pilkada Serentak 2017 merupakan kegiatan yang berlangsung di Jakarta mulai tanggal 13-16 Februari 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu ajang bagi penyelenggara dan penggiat pemilihan umum untuk berbagi pengalaman tentang pemilu di Indonesia dengan Negara sahabat.

 

Selain Ketua Bawaslu RI hadir pula Ketua DKPP Prof Jimly Ashidiqia serta Ketua Perludem Titi Anggraeni. Election Visit Program 2017 diikuti oleh penyelenggara pemilu dari beberapa Negara sahabat seperti Korea Selatan, Maldives, Nepal, Tunisia, Thailand, Timor Leste, Srilangka, Malaysia, Filifina, Australia, Bangladesh, serta NGO pemerhati pemilu dari dalam dan luar negeri.

 

 

Penulis dan Photo: Nurisman

Editor : Ira Sasmita

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu