• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Petakan Pengawasan Pemilu Jelang Pilkada 2015

Bandar Lampung, Badan Pengawas Pemilu - Pimpinan Bawaslu Daniel Zuchron meminta untuk mempetakan pengawasan pemilu menjelang menghadapi Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di Provinsi Lampung  yang dilakukan secara serentak di tahun 2015 dilakukan dilakukan secara matang. Menurutnya hal tersebut dilakukan sebagai langkah strategis antisipasi pelanggaran yang kerap terjadi pada Pemilu sudah pernah dilakukan di 2014.

“Saya yakin Lampung dapat melaksanakan Pilkada yang dilaksanakan serentak karena Lampung pernah melaksanakan Pilkada berskala Nasional  Pemilihan Legeslatif (Pileg) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dilaksanakan serentak. Namun, Pengawas pemilu harus mempersiapkan diri yang lebih matang agar kesalahan yang telah berlalu tidak terulang kembali, " ujar Daniel baru-baru ini. 

Selain dari,  mengingat UU Penyelenggara Pemilu dan Penyelenggaraan Pemilihan, Bawaslu harus melakukan penyusunan standar Pengawasan Pemilu dan Pemilihan, khususnya dari sisi teknis berupa, peraturan, panduan/juklak juknis pengawasan setiap tahapan, pengendalian dan supervisi pelaksanaan pengawasan, pengawasan pelaksanaan tahapan secara nasional.

“Di tengah dinamika soal Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, kami tetap mempersiapkan instrumen-instrumen pengawasan. Kami tetap akan menggunakan metode pengawasan yang dilakukan pada Pileg dan Pilpres Tahun 2014 lalu, yakni dengan pengawasan partisipatif,” ujarnya

Sebagai informasi,  Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia Daniel Zuchron menjadi salah satu narasumber dalam acara reses Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI komisi II Dari Dapil I Provinsi Lampung. Acara diolag yang dilaksnakan di Hotel, Bukit Randu tersebut bertemakan Dialog Prospek dan Tantangan Pilkada 2015 Pasca Revisi Undang-Undang No 1 Tahun 2014.

Dalam acara dialog tersebut, Daniel menyampaikan bahwa sekitar 204 pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota akan dilaksanakan serentak pada 2015 mendatang. Acara dialog tersebut juga dinarasumberi oleh Komisi II DPR RI Prans Agung Mula Putra kemudian dari Pihak Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman. Kemudian peserta yang hadir dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, Pimpinan Bawaslu Lampung Nazaruddin, Ali Sidik dari KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota kemudian Juga dari Para Aktivis Mahasiswa.

 

Penulis                        : Humas Bawaslu Lampung/HW

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu