• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Petakan Kerawanan Pelanggaran Pemilu

Jakarta, Awaslupadu.Com - Pulau Jawa merupakan daerah paling rawan yang dikhawatirkan terjadinya tindak pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu 2014 dari seluruh wilayah di Indonesia. Pelanggaran yang terjadi, tidak hanya terkait politik uang, tapi hingga pencurian suara dari TPS yang lebih berpotensi terjadi. "Ini sangat berbahaya. Jumlah kursi dari Pulau Jawa untuk DPR RI mendekati 50 persen," papar Anggota Bawaslu, Daniel Zuhron.

Kekhawatiran tersebut timbul setelah Bawaslu melakukan pemetaan daerah rawan pelaksanaan pemilu berdasarkan berbagai sumber yang ada termasuk PPL, beberapa tahun terakhir. Menurut Daniel, data-data yang dimaksud sudah ada di tangan Bawaslu. "Tinggal teman-teman PPL memastikan tingkat validasinya. Kita minta mereka bekerja mengenali TPS-TPS meski saat ini TPS itu belum dibuat. Jadi bergantung pada pengenalan medan. Tinggal tolong dicek".

Dan berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan tersebut, lanjut Daniel, pihaknya akan terus menyempurnakan pemetaan dengan membangun tabulasi berbasiskan harian untuk seluruh TPS. Pihaknya juga mengidentifikasi kerawanan di TPS, dengan mulai memperkenalkan ke Kecamatan pada 20 Februari mendatang. Dengan demikian Bawaslu sudah mengenali potensi pencurian suara. "Tinggal dimantapkan penangkalnya. Mulai dari surat suara dihitung yang rusak dan rekap ke atas".

Sejumlah daerah lain di Indonesia, juga masuk dalam peta rawan pelaksanaan pemilu. Hanya bedanya, untuk luar Pulau Jawa kerawanan lebih dikarenakan kontur geografis. "Kita menyadari pengawasan melekat itu tergantung daya dukung. Artinya harus ada orang. Tapi kita juga memiliki strategi lain, fokus pada TPS yang diidentifikasi sangat rawan. Ini penting disampaikan ke teman-teman pengawas di lapangan," tandas Daniel.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu