• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Perkaya Materi Perekrutan Panwaslu Kada

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Bagian SDM (Sumber Daya Manusia) dan TU Pimpinan, Biro Adminitrasi Sekretariat Jenderal Badan Pengawas Pemilu menyelenggarakan Rapat Penyusunan Naskah Soal seleksi bagi pengawas pemilukada dalam rangka Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dibuka langsung oleh Pimpinan Bawaslu RI, Endang Wihdatingtyas, Selasa (16/9) Hotel Golden Boutique.

Hadir dalam rapat penyusunan naskah soal bagi pengawas pemilukada Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak, Kepala Biro H2PI Jajang Abdullah, Kepala Bagian SDM dan TUP Roy Siagian, Tenaga Ahli, Tim Assistensi, Kasubbag dan staf jajaran Sekretariat Jenderal Bawaslu RI.

Perbedaan soal tes untuk mengukur hasil pembelajaran dan soal tes untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang adalah berbeda. Pertama, sebagai acuan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran dengan acuan sasaran dan target pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Yang kedua, mengukur tingkat kemampuan seseorang, sebagai peruntukan seleksi untuk menduduki posisi atau memasuki suatu lingkungan tertentu dengan acuan standar komptensi yang dipersyaratkan.

Menurut Ahsanul Minan (Tenaga ahli Bawaslu RI), Dalam kaidahnya, pembuatan soal yang baik adalah tes yang tingkat kesulitan soalnya sesuai dengan prediksi tingkat kemampuan subjek. Tes yang sulit dan ditujukan kepada sekelompok subjek yang kemampuannya rendah, tidak akan menghasilkan akurasi. Begitu juda sebaliknya, tes yang mudah tidak akan cocok untuk sekelompok subjek yang kemampuannya tinggi karena tidak sesuai dengan levelnya. Jadi, tes yang baik adalah tes yang mampu mengukur semua tingkat kemampuan subjek sasaran. Acuan atau taksonomi kognitif mana yang akan digunakan dalam penentuan jenjang berpikir dalam pengembangan soal tes. Taksonomi model bloom terdiri dari mengingat, memahami, menerapkan , menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan. Serta Adanya kesesuaian antara materi yang diujikan dengan standard kompetensi yang diperlukan.

Minan menambahkan, dalam penyusunan soal, urgensi yaitu materi secara teoritis wajib dikuasi. Kontinuitas materi pertanyaan merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi dasar. Relevansinya, yaitu materi yang diperlukan untuk memahami materi lainnya, misalnya dalam penegakan hukum. Keterpakaian yaitu materi yang meiliki nilai terapan yang tinggi dalam pelaksanaan tugas panwaslu.

Sekitar 3000 bank soal yang dimiliki bawaslu dinilai belum cukup untuk persiapan penerimaan Panwas Kab/Kota, Panwascam dan PPL bagi Pengawas Pemilukada. Apalagi dalam bank soal yang dulu masih ada ratusan soal yang dinilai sudah kadaluarsa karena masih menggunakan undang-undang yang lama. Untuk memperkaya bank soal Bawaslu, Pimpinan Bawaslu RI Endang Wihdatingtyas menginstruksikan kepada tim pembuat naskah soal untuk membuat 100 buah soal per individunya. yang Jika dirampungkan jumlahnya bisa mencapai 2000 buah soal lagi.

“Sewaktu kuliah akta IV dulu, untuk membuat beberapa soal saja memang tidaklah mudah, apalagi harus membuat 100, tetapi saya berharap kepada semuanya untuk dapat memberikan sumbangsi yang maksimal” tambah Endang

Menurut Nelson, dalam sebuah tim, saling berkoordinasi antara tim pembuat soal sangatlah penting. Masing-masing tim pembuat soal untuk lebih memperhatikan keanekaragaman isu–isu di dalam divisi. Selanjutnya akan membentuk tim untuk meramu soal, masing-masing soal akan di kelompokkan sesuai dengan tingkatkannya dari kategori sulit, sedang, dan mudah. Yang diharapkan nantinya bahwa akan hadir regenerasi baru dalam tubuh Pengawas Pemilu paling tidak keseimbangan antara panwas yang dulu dan panwas yang baru bagi pengawas Pemilukada.

Dalam pengalaman supervisi kemarin, beberapan panwas masih ada yang belum memahami tugas dan fungsinya sebagai panwas, untuk itu Endang Menyarankan agar dalam soal perekrutan panwas nantinya dicantumkan beberapa soal terkait studi kasus, agar wawasan tentang fungsi  Panwas dalam segi Pengawasan bisa lebih dipahami.

 

Penulis                                  : Muhtar

Editor                                     : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu