• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Pastikan Tahapan Pilkada Sulbar Berjalan Baik

Polman, Badan Pengawas Pemilu – Kedatangan Pimpinan Bawaslu RI  Nasrullah ke Kabupaten Polewali Mandar (Polman) untuk memastikan proses tahapan yang berlangsung dan yang akan berlangsung di Sulawesi Barat berjalan dengan baik. Nasrullah mengatakan, sebagai pengawas Pemilu, jajaran Bawaslu dari pusat hingga daerah terus mengawal seluruh proses tahapan pemilu. “

 

Kami bertekad, lahirnya Bawaslu dan jajaran sampai pada tingkatan pengawas TPS akan menjadi penyelamat pemilu di Republik ini," ujar Nasrullah saat memberikan sambutan pada Bimbingan Teknis Pengawas TPS di Campalagian, Polman, Sulawesi Barat, Senin (23/1).

 

Selain itu, Nasrullah juga menantang pemilihan di Sulawesi Barat menjadi barometer suksenya penyelenggaraan Pilkada di Indonesia. Sekarang tinggal bagaimana cara mengisi kemampuan penyelenggara adhoc di jajaran bawah.

 

“Jika Anda (pengawas Pemilu, red) berprestasi dalam mengawal pilkada di Sulawesi Barat, maka yakinlah provinsi akan menjadi contoh suksesnya Pilkada di Republik ini," kata Nasrullah.

 

Seperti diketahui, pada Pilkada Serentak Jilid II ini, Bawaslu membuat terobosan terbaru yang diharapkan mampu meminalisir praktek  pelanggaran pada tahapan pemungutan dan tahapan rekapitulasi pada semua TPS. Pengawas TPS kini dibebankan dua tugas, yaitu mengisi formulir dan merekam video secara visual pada TPS. Hasil rekaman video itu nantinya akan langsung dikirim kepada Bawaslu RI. Dengan demikian, praktek kecurangan pada tingkatan TPS dapat diminimalisir.

 

Nasrullah berharap kepada pengawas TPS untuk melaksanakan tugas dengan baik. Ia menegaskan, dengan modal integritas sebagai abdi negara,  pengawas TPS sebagai garda terdepan pengawas Pemilu bisa berbuat dan tampil untuk negeri ini.

 

“Dengan modal integritas, meskipun hanya sehari, tolong wakafkan diri Anda untuk negara ini," tegas Nasrullah.

 

Nasrullah juga meminta peran aktif masyarakat di Sulawesi Barat untuk mengawal proses Pilkada di Sulbar. Menurutnya partisipasi adalah salah satu ukuran untuk menuju demokrasi dan Pemilu, tentunya juga membutuhkan peran partisipasi masyarakat. "Mari bersama kita kawal Pilkada Sulawesi Barat," pungkasnya.

 

Penulis/Foto: Muhtar

Editor: Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu