• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Pantau Pemungutan Suara di Zona Merah

Ketua Bawaslu Muhammad saat berbincang dengan KPPS TPS 03 Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12). Gowa menjadi salah satu daerah yang rawan Pilkada, karena dari berbagai pengalaman banyak terjadi konflik di daerah tersebut.

Gowa, Badan Pengawas Pemilu - Ketua Bawaslu Muhammad melaksanakan supervisi pemungutan dan penghitungan suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Gowa merupakan salah satu daerah yang dianggap rawan. Dalam pemantauannya, Muhammad optimis bahwa Pilkada Gowa akan berlangsung dengan aman.

"Saya yakin Pilkada di Gowa aman-aman saja, tidak seperti yang ditakutkan di Jakarta  bahwa Pilkada di Gowa termasuk dalam zona merah atau kategori rawan," ujarnya saat berbincang dengan KPPS di TPS 03 Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12).

Sebelumnya, Muhammad bercerita, bahwa Gowa dimasukkan dalam kategori zona merah Pilkada oleh beberapa lembaga. Sebagai orang yang berasal dari daerah tersebut, Muhammad mengimbau kepada KPPS, Pemilih, dan Saksi, serta Pengawas TPS untuk menjalankan tugasnya masing-masing dengan sebaiknya untuk membantah keraguan-keraguan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Muhammad juga menyampaikan kepada KPPS untuk mengantisipasi pemilih yang belum terdaftar di dalam DPT agar dapat memberikan hak suaranya dengan menggunakan KTP.  Ia juga meminta agar KPPS cermat dalam menilai surat suara coblos tembus.

"Selama coblos tembus tidak mengenai gambar pasangan calon lain, maka dalam peraturan itu dianggap sah. Tolong ini menjadi perhatian, karena dengan begitu kita sudah menyelematkan suara rakyat," tambah Muhammad.

Selesai di Tempat

Saat berbincang dengan saksi pasangan calon dan pengawas TPS, Muhammad juga meminta agar permasalahan yang terjadi di tingkat TPS dapat diselesaikan saat itu juga. Ia meminta Pengawas TPS dan Saksi Paslon aktif memberikan masukkan dan menyampaikan keberatan jika ada masalah.

"Jangan sampai masalah-masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan di tingkat TPS dibiarkan begitu saja, yang akhirnya menjadi coretan-coretan ketika rekap nanti. Jika ada keberatan silakan disampaikan, jika sesuai maka saya yakin KPPS akan menerima keberatan anda," tambah Muhammad saat berbicara dengan Saksi di TPS 03 Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu.

Pilkada di Kabupaten Gowa diikuti oleh lima pasangan calon bupati dan wakil bupati. Sekedar informasi dua dari lima paslon yang bertarung masih memiliki hubungan darah. Dari pemantauan Bawalsu di beberapa TPS, belum ada kejadian-kejadian yang dianggap dapat  mengganggu jalannya pemungutan suara yang dimulai pada pukul 07.00 WITA tersebut.

 

Penulis           : Falcao Silaban 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu