• English
  • Bahasa Indonesia

'Bawaslu Mendengar' Masuk Tahap Kelima

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Seluruh rangkaian Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Bawaslu mendengar tahap I, II, III, IV hingga tahap V telah digelar. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagain Analisis Teknis Pengawasan dan Potensi Pelanggaran (ATP) Bawaslu RI tersebut bertujuan untuk menampung semua masukan dari pihak terkait sebagai bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Bawaslu RI.

Pada kegiatan FGD Bawaslu Mendengar tahap V tersebut mengundang beberapa kementerian/lembaga yakni Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Bank Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Dalam Negeri,  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian PPN/Bappenas, Komisi Pemilihan Umum, Komisi Penyiaran Indonesia, Komisi Informasi Pusat, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara RI, Badan Intelijen Negara, Kejaksaan Agung, serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, FGD Bawaslu Mendangar Tahap V ini merupakan FGD terakhir sebelum Bawaslu RI menyusun Renstra. Semua masukan, jelas Afif, serta kritik dan saran akan sangat berharga bagi Bawaslu dalam upaya perbaikan lembaga pengawas pemilu ke depan. Ia berharap apa yang selama ini menjadi kekurangan Bawaslu untuk disampaikan agar menjadi perhatian khusus  untuk meningkatkan kualitas pengawas Pemilu.

“Masukan, kritik, dan saran sangat kami  butuhkan dalam upaya perbaikan kualitas pengawasan Pemilu ke depannya”, ujar Afif saat memberikan sambutan sebelum membuka kegiatan FGD Bawaslu Mendengar Tahap V di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (10/5).

Afif menambahkan, setiap tahunnya kewenangan Bawaslu RI selalu ditambah. Bawaslu juga sangat membutuhkan dukungan dari kementerian/lembaga terkait untuk dapat melakukan fungsi pengawasan dan penindakan pelanggaran dengan maksimal.

"Kami juga mohon dukungan dari kementerian/lembaga yang ada dalam menjalankan tugas kami sebagai pengawas Pemilu," harapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu RI Abhan, Anggota Bawaslu RI Fritz Edwar Siregar, Ratna Dewi Pettalolo, dan Rahmat Bagja, serta Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro.

Penulis/Foto: Muhtar
Editor: Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu