• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Luncurkan “Bawaslu TV”, Televisi Pengawasan Pemilu

Pimpinan Bawaslu RI saat meluncurkan Bawaslu TV, di Gedung Bawaslu, Lantai 4, Jakarta Pusat, Senin (13/2).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Dalam rangka menginformasikan tentang perjalanan demokrasi, Pemilu, dan pengawasan Pemilu melalui tayangan televisi, dan mendekatkan Bawaslu dengan masyarakat, Bawaslu RI meluncurkan Bawaslu TV di Gedung Bawaslu, Lantai 4, Jakarta Pusat, Senin (13/2). Bawaslu TV juga diharapkan dapat meningkatkan keterbukaan informasi publik sehingga pengawasan Pemilu semakin transparan dan akuntabel.

 

 “Bawaslu juga harus mampu  melakukan sebuah proses edukasi kepada masyarakat tentang arti sebuah demokrasi, pemilu dan pengawasan pemilu. Bawaslu TV menjadi salah satu media yang dipakai Bawaslu untuk melakukan proses edukasi tersebut,”kata Pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah saat peresmian Bawaslu TV.

 

Bawaslu TV, lanjut Nasrullah, bukan hanya diperuntukan untuk jajaran pengawas pemilu semata. KPU dan DKPP sebagai penyelenggara Pemilu juga akan dilibatkan dalam tayangan Bawaslu TV terkait bagaimana teknis penyelengaraan pemilu dan persoalan kode etik yang menjerat penyelenggara Pemilu.

 

Menurut Koordinator Divisi Humas dan Sosialisasi Bawaslu RI tersebut, Bawaslu TV juga diharapkan dapat menonjolkan karakteristik lembaga pengawas pemilu yang mengedepankan netralitas. Dia memastikan tayangan Bawaslu TV tidak akan berpihak kepada kelompok kepentingan manapun.

 

Selain menampilkan informasi dan berita mengenai kepemiluan, Bawaslu TV kata Nasrullah juga akan menayangkan jelajah pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, dan Panwaslu Kabupaten/Kota. Program jelajah pengawasan merupakan upaya pengawasan Pemilu yang dilakukan jajaran pengawas Pemilu ke daerah yang sangat terpencil.

 

“Jelajah pengawasan ini kan dilakukan dengan mengunjungi daerah yang jauh dari pusat kota provinsi tersebut. Tentu dengan ditayangkan di sebuah TV, masyarakat jadi tahu bagaimana Bawaslu melakukan tugas pengawasan sejauh ini,” jelas  mantan Anggota KPU Yogyakarta tersebut.

 

Bawaslu TV merupakan televisi dengan platform live streaming menggunakan jaringan internet. Untuk saat ini, tayangan Bawaslu TV bisa diakses melalui kanal youtube Bawaslu RI dengan alamat channel "HumasBawaslu". Bawaslu TV akan ditayangkan secara langsung secara regular setiap pekan. Pada tahap pertama, Bawaslu TV mengusung empat program unggulan terdiri dari Bincang Bawaslu, Interview, Jelajah Pengawasan dan Berita Bawaslu.

 

Selain Bawaslu TV, Nasrullah juga menyampaikan sistem pengawasan pemilu berbasis informasi teknologi (IT) yang dirintis Bawaslu untuk mengawasi Pilkada Serentak Tahun 2017. Pengawasan Pemilu berbasis IT merupakan upaya Bawaslu untuk memastikan tidak terjadinya kecurangan pada saat pemungutan hingga rekapitulasi suara yang dilakukan langsung dari TPS.

 

Pengawasan Pemilu berbasis IT yang akan berlaku pada 15 Februari 2017 nanti, lanjut Nasrullah, diharapkan dapat memperkuat pengawasan mulai dari TPS hingga rekapitulasi di tingkat Kabupaten dan Provinsi. Pengawasan berbasis IT diharapkan dapat memonitor potensi kecurangan seperti perubahan surat suara dari TPS  ketingkat Kecamatan.

 

“Dengan adanya pengawasan pemilu berbasis IT ini supaya pergerakan kotak suara dapat dipastikan dengan aman. Ketika hasil suara ditingkat rekapitulasi berbeda dengan di TPS, maka rekaman yang di TPS bisa dijadikan acuan yang sebenarnya,”ungkap Nasrullah.

 

Dalam melakukan perekaman nanti, Nasrullah menjelaskan setiap petugas TPS diharapkan membawa alat rekam, berupa telepon pintar, handycam, laptop atau handphone jenis lainnya yang bisa diguinakan untuk merekam. Petugas akan merekam C1 plano yang telah diisi, berita acara dan sertifikat hasil penghitungan suara yang telah dipegang oleh ketua KPPS. Dalam jangka waktu 2 hingga 3 jam setelahnya setelah proses penghitungan suara, hasil perekaman dapat dilihat melalui aplikasi Viwaslu (video pengawasan Bawaslu).

 

 

Penulis/Foto : Irwansyah

Editor : Ira Sasmita

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu