• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Lakukan Efisiensi Anggaran

Rapat Kerja Sinkronisasi Pelaksanaan Program dan Kegiatan Biro di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu RI yang berlangsung di Hotel Santika, Kamis (11/2) hingga Sabtu (13/2). Raker yang dihadiri seluruh Pimpinan Bawaslu dan Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro diisi dengan presentasi kegiatan masing-masing divisi. Presentasi tersebut dibawakan pejabat struktural setingkat eselon III.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu mendukung langkah-langkah efisiensi anggaran dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran tahun anggaran 2016. Langkah efisiensi dilakukan melalui efektivitas alokasi anggaran dengan program dan kegiatan yang mendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2017.

 

Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro mengingatkan program dan kegiatan yang kurang efisien dengan tupoksi Bawaslu agar di sesuaikan atau diganti menjadi program dan kegiatan prioritas sesuai arahan Presiden RI.

 

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Kerja Sinkronisasi Pelaksanaan Program dan Kegiatan Biro tahun 2016,  Jumat (12/2) di Hotel Santika, Jakarta. Seluruh biro di Sekretariat Jenderal Bawaslu diminta menyisir dan mencermati kembali rencana kerja dan anggaran (RKA) Bawaslu 2016 agar tidak ada tumpang tindih satu sama lain.

 

 “Coba dilihat lagi kegiatan-kegiatan yang kurang efisien. Apakah semua penyusunan laporan itu harus berbiaya? Bukankah itu tugas kita?. Saya kira tidak harus berbiaya. Kalaupun berbiaya, kita bisa gunakan RDK (rapat dalam kantor),” kata Gunawan  memberikan contoh alokasi anggaran penyusunan laporan dalam RKA.

 

Sehari sebelumnya, Sekjen mengatakan, alokasi anggaran disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2017. Skala prioritas tahun 2016 misalnya pembuatan Perbawaslu, rekruitmen Panwas  dan sosialisasi.

 

Raker Sinkronisasi Pelaksanaan Program dan Kegiatan yang berlangsung sejak Kamis (11/2) dihadiri Pimpinan Bawaslu (Prof. Muhammad, Nasrullah, Daniel Zukhron, Nelson Simanjuntak dan Endang Wihdatiningtyas), seluruh kepala biro dan kepala bagian di lingkungan Sekretaris Jenderal Bawaslu. Masing-masing pejabat Eselon 3 diminta mempresentasikan kegiatannya di tahun 2016, kemudian dikrtisi Pimpinan Bawaslu RI, Sekjen dan pejabat terkait. 

 

“Tolong kita cermati lagi RKA-KL nya, jangan-jangan setiap kegiatan (yang sudah disusun) kurang efisien. Kita fokuskan mana yang prioritas sesuai arahan Presiden,” ujar Gunawan. 

 

Penulis/Foto : Hamid

Editor : raja monang silalahi 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu