• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Harap Peserta Pemilu 2024 Transparan Soal Dana Kampanye

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam acara 'Pesta Muda Bersuara' yang digelar KBR PRIME di Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengharapkan peserta Pemilu dan Pilpres 2024 transparan dalam mengelola dana kampanye Pemilu 2024. Dia mengimbau Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) harus sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran peserta maupun tim pelaksana kampanye masing-masing.

"Kami mengimbau dana kampanye (RKDK) harus diisi dengan apa yang dikeluarkan dan pemasukannya, semua harus transparan," kata Bagja dalam acara 'Pesta Muda Bersuara' yang digelar KBR PRIME di Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023).

Dia bercerita pada tahun 2004 masih banyak penyumbang dana kampanye memakai nama inisial 'Hamba Allah'. Namun untuk saat ini tidak boleh memakai nama inisial, penyumbang dana kampanye harus jelas nama dan alamatnya.

"Ini kita minta kepada partai dan capres untuk membuka ini (pemasukan dan pengeluaran dana kampanye). Kita perlu tahu ini. KPU juga diharapkan mau memaksa peserta pemilu dan pilpres untuk kemudian membuka sumber penghasilan dan pengeluaran. Bagaimana mahasiswa bisa lihat siapa yang nyumbang kalau tiba-tiba nama anda dicatut? Anda boleh protes, padahal tidak nyumbang," papar alumnus Universitas Indonesia itu.

Selain itu, di masa kampanye ini diharapkan masyarakat juga mau memaksa partai politik peserta pemilu dan calon anggota legislatif (caleg) membuka rekam jejak dirinya. "Saya sendiri ke temen-temen KPU (berharap) membuka data-data seperti ini. Misalnya yang bersangkutan (caleg) pernah punya hukuman, ini 3-5 tahun lalu pernah melakukan kekerasan seksual. La ini para perempuan setuju ada caleg spt itu? Ada yg melakukan KDRT setuju juga?" kata dia.

"Makanya harus kritis terhadap caleg. Misal ada lagi yang pernah korupsi. Itu yang dibuka didepan publik, jadi jangan sampai hal-hal tersebut tertutup, ini yang paling penting teman-teman awasi," imbuh Bagja kepada audiens yang merupakan mahasiswa UAI.

Editor:Bhakti satrio W
Foto: Jaa Pradana

Tag: 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu