• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Evaluasi Program Pengawasan Pemilu Tahun 2014

Jakarta, Bawaslu – Ketua Bawaslu RI, Muhammad mengatakan evaluasi program-program kerja di Bawaslu perlu dilakukan, kita harus meningkatkan kinerja kerja kita pada tahun yang akan datang dengan mempelajari yang sudah dilakukan pada tahun 2014. Jika menemukan masalah kita sharing bersama, dengan sharing dan komunikasi yang baik Insya Allah kita bisa menemukan solusi yang lebih konferehenshif dan menyehatkan organisasi Bawaslu.

Program kerja Tahun 2015 penting untuk didiskusikan. Walaupun pemilu legislatif dan Presiden telah selesai, kesemua itu tidak mengurangi bobot pengawasan pemilu oleh Bawaslu berkurang, sejumlah program kegiatan tahun 2015 perlu kita siapkan, yaitu Pemilu Kada. Yang terpenting adalah menjaga lembaga ini tetap eksis dan lebih jauh lagi peranannya untuk hadir dimasyarakat, kita perlu meyakinkan publik bahwa Bawaslu itu memang ada.

‘’Fungsi pengawasan pemilu itu suatu kebutuhan para pihak pemilu sehingga sangat dirindukan oleh setiap orang dan terutama yang berkepentingan‘’, ujar Muhammad.

Lebih jauh Ketua Bawaslu Muhammad menekankan hal tersebut dalam kesempatan rapat evaluasi pelaksanaan program kegiatan dilingkup Bawaslu tahun 2014 bertempat di Hotel milenium Jakarta, Kamis (27/8). Lebih lanjut Muhammad menyatakan pengawasan akan lebih banyak dilakukan oleh masyarakat dengan membangun center of knowledge. Kalau peranan itu sudah dilakukan oleh masyarakat Bawaslu tinggal melakukan penanganan pelanggaran dan sengketa. Muhammad berkeyakinan pada tahun 2015 kita harus dan mampu mengawalinya dengan sesuatu yang lebih baik, progresif dan sehat. Kelemahan di tahun 2014 menjadi bahan kajian dan dijadikan penyempurnaan untuk menuju tahun 2015 dengan spirit kinerja lebih baik lagi. Tegas Muhammad.

Sementara itu Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro saat membuka  acara rapat terkait evaluasi pelaksanaan program kegiatan perbagian Bawaslu tahun 2014 ini mengatakan, kita perlu melakukan revolusi mental, jika di program tahun 2014 seluruh jajaran Bawaslu focus pada pemilu pileg dan presiden termasuk ikut andil dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pemilu legislatif serta pemilu Presiden dan wakil Presiden tahun 2014, maka pada tahun 2015 kita semua sudah harus siap menghadapi pemilu kada. Keberadaan dan peranan Bawaslu harus tetap eksis mengawal proses pada setiap perhelatan pemilu kada, demikian Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro.

Dikatakan Bawaslu memiliki patron pencegahan, patron-patron kita yang bisa dikatakan berhasil akan kita tularkan atau kita dorong kepada bawaslu Provinsi dalam hal melakukan pengawasan dan penindakan. Kita ajak masyarakat untuk lebih mengetahui bahwa program Bawaslu itu penting. 

Sementara itu Pimpinan Bawaslu, Daniel Zuchron menambahkan. Gagasan  pengawas adalah inspektorasi, kita sebagai pengawas pemilu bukan eksekutif. Pemilu kada adalah urusan daerah, dan kita belum merumuskan antara pusat dan daerah. Peranan Bawaslu kedepan akan lebih rumit lagi dalam melaksanakan pengawasan. Diharapkan jangan lagi membedakan UU Pileg Pilpres dan Pemilu kada.

Pada PHPU pileg dan pilpres. Kalau tidak ada keterangan dari Bawaslu, MK akan kebingungan dalam mengambil keputusan. Peranan ini menegaskan Bawaslu merupakan induknya pengawas pemilu di Indonesia. Tegas Daniel.

Hadir dalam rapat ini, ketua Bawaslu, Muhammad, Pimpinan Bawaslu, Daniel Zuchron, Sekjen Bawaslu, Gunawan Suswantoro, Kepala Biro Hukum, Humas dan Pengawasan Internal, Jajang Abdullah, Kepala Biro Administrasi, Dermawan Adhi Santoso, serta para Kepala bagian (Kabag) dan Kepala Subagian (Kasubag) di Bawaslu RI.

 

Penulis : Irwan (Staf Humas bawaslu RI)

Editor : Nurmalawati Pulubuhu

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu