• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu bersama Sejumlah Elemen Masyarakat Tanda Tangani Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas

Bawaslu bersama sejumlah elemen masyarakat menandatangani dan mendeklarasikan Pemilu Damai dan Berintegritas, di Bawaslu RI, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Satu Tahun Menuju Pemilu 2024, Bawaslu bersama sejumlah elemen masyarakat menandatangani dan mendeklarasikan Pemilu Damai dan Berintegritas. Pembacaan deklarasi tersebut dipimpin oleh perwakilan pegiat pemilu Kaka Suminta dari Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) yang diikuti berbagai stakeholder seperti perwakilan organisasi mahasiswa, perwakilan perempuan, perwakilan disabilitas, perwakilan keagamaan, dan perwakilan partai politik.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja berharap Pemilu 2024 mendatang akan semakin damai dan aman nantinya. "Kami harapkan Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 tanpa hoaks, tanpa ada black campaign, dan lain-lainnya," ujarnya seusai pembacaan deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas dalam acara Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 di Bawaslu RI, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Bagja juga menjelaskan Bawaslu akan semakin meningkatkan sinergisitas Bawaslu dengan seluruh stakeholder di tahun 2023 ini. Hal itu, kata dia, menandakan pemilu dan pemilihan tidak hanya milik penyelenggara, melainkan seluruh rakyat Indonesia.

Berikut isi ikrar deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas tahun 2024:

1. Mewujudkan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasi, jujur, dan adil

2. Berkomitmen mendukung pemilu yang aman tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA dan politik uang.

Sebagai informasi kegiatan ini dihadiri lengkap lima pimpinan Bawaslu yakni Puadi, Herwyn JH Malonda, serta Totok Hariyono. Hadir pula Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, Ketua DKPP Heddy Lugito, serta perwakilan dari KPU, Kepolisian, hakim Mahkamah Konstitusi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kejaksaan Agung serta parpol peserta pemilu 2024.

Penulis: Robi Ardianto
Editor: Rama Agusta
Fotografer:  Bhakti Satrio dan Hendi Poernawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu