• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Bagi Pengalaman Pengawasan Pemilu Legislatif dengan Mesir

Kairo, Badan Pengawas Pemilu - Sebagai salah satu kontribusi Indonesia khususnya sebagai Penyelenggara Pemilu dalam proses demokratisasi dan berbagi pengalaman dalam pemilihan umum, Ketua Bawaslu RI, Muhammad hadir sebagai narasumber dalam kegiatan International Workhsop on Legislative Election; Indonesia’s Experience yang diadakan di Kairo, Mesir (3/3). Workshop ini merupakan kerjasama antara Institute for Peace and Democracy (IPD) Bali dan al-Ahram Centre for Political and Strategical Studies (ACPSS) yang difasilitasi oleh KBRI Kairo.

Dalam kesempatan ini, Muhammad menyampaikan proses pengawasan Pemilu Legislatif di Indonesia. Mesir sendiri telah melaksanakan pemilu Presiden pada tahun 2014 dan akan melaksanakan pemilu legislatif yang tahapannya akan dimulai pada Bulan April Tahun 2015 ini.

Selain Ketua Bawaslu RI, turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Ketua KPU, Husni Kamil Manik, Hakim Mahkamah Konstitusi, Wahiduddin Adams dan Direktur Institute for Peace and Democracy, I Ketut Putra Erawan yang masing-masing membawakan materi tentang pengalaman Indonesia dalam proses pemilu legislatif mulai dari sejarah, prinsip dan asas, penyelenggaraan, pengawasan serta penyelesaian sengketa hasil pemilu.

Peserta workshop ini terdiri dari para stakeholder pemilu yaitu partai politik, penyelenggara pemilu di Mesir, peneliti dan pemerhati pemilu, lembaga swadaya masyarakat pemilu serta media. Dalam setiap sesi, selain pembicara terdapat para penanggap yang merupakan tokoh-tokoh penting pemilu di Mesir antara lain Mr. El Sayed Yassin (penasehat ACPSS), Counselor Mahmoud Fawzy, Brigjen Fifat Qomsan (penasehat Perdana Menteri untuk urusan Pemilu), Mr Abdel Aziz Salman (Ketua Badan Komisariat di Mahkamah Konstitusi Mesir), Mr Omar Marwan (Jubir High Elections Commiteeof Egypt).

Peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan dan berdiskusi tentang penyelenggaraan pemilu di kedua negara. Menurut para peserta, Indonesia telah sukses dalam penyelenggaraan pemilu, sehingga pengalaman Indonesia adalah pengalaman yang sangat berharga dan dapat dipelajari oleh Mesir serta negara-negara lainnya dalam mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Dengan pengalaman Indonesia yang disampaikan dalam workshop ini, diharapkan Mesir dapat mengambil best practices dari pengalaman Pemilu Indonesia.

 

Penulis/Foto                     : Iris Pramono

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 31 Januari 2019 - 10:30 WIB
Tempat :
Jakarta, Senayan.
Waktu:
Jumat, 8 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 7 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 6 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Minggu, 3 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019