• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Award 2016 : Apresiasi Terhadap Pengawas Pemilu dan Stakeholders dalam Pilkada 2015

Anggota Bawaslu RI Nasrullah saat menggelar konferensi pers terkait persiapan Bawaslu Award 2016, Minggu (28/02) di Media Center Bawaslu RI. Bawaslu Award 2016 ini rencananya digelar pada hari Senin 29 Februari 2016 mulai pukul 19.00 di Balai Sarbini Jakarta.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota secara tegas menyebutkan bahwa pengawasan penyelenggaraan pemilihan, menjadi tanggung jawab bersama Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Panwas Kabupaten/Kota.

 

Melalui pola pengawasan Pemilu terpadu (Awaslupadu) yang digagas Bawaslu dalam bentuk pengawasan partisipatif yang melibatkan seluruh stakeholders, Bawaslu mampu mewujudkan Pilkada yang minim pelanggaran dan penyelesaian sengketa yang adil, sehingga terwujud Pilkada yang berkualitas, berintegritas, dan bermartabat.

 

Karena itu, mereka yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan Pilkada yang berkualitas, berintegritas, dan bermartabat, akan diberikan reward atau penghargaan kepada jajaran pengawas Pemilu di daerah dan juga pihak-pihak terkait.

 

Hal inilah yang mendorong Bawaslu untuk memberikan anugerah atau penghargaan kepada individu dan/atau lembaga yang secara konsisten telah bekerja, berpartisipasi, dan memberikan karya terbaik bagi suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2015, demikian kata anggota Bawaslu RI, Nasrullah saat menggelar konferensi pers di media center Bawaslu RI, Minggu (28/02) yang juga dihadiri Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Iddy Muzayyad dan beberapa anggota Bawaslu Provinsi. 

 

Pemberian penghargaan dilakukan berdasarkan penilaian dari Bawaslu RI dan tim independen serta hasil survei dalam bentuk kuesioner yang disebarkan kepada Bawaslu Provinsi dan Panwas Kabupaten/Kota yang mengawasi penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2015. Ada sejumlah kategori dan kriteria yang dinilai, sehingga seorang individu dan / atau lembaga dapat dinyatakan sebagai yang terbaik.   

 

Penganugerahan diberikan kepada para nominator yang telah diseleksi secara ketat. Penilaian dilaksanakan secara objektif berdasarkan pengamatan, hasil seleksi, dan terakhir putusan pleno Pimpinan Bawaslu RI.

 

Pada tahun ini, terdapat 20 kategori penganugerahan yang diberikan pada Bawaslu Award. Kategori tersebut terbagi dalam dua, yakni untuk internal pengawas dan eksternal. Kategori untuk internal, yaitu: 1.Penyelesaian Sengketa Pilkada 2015 Terbaik, 2.Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Pilkada 2015 Terbaik, 3.Pengawasan Tahapan Pilkada 2015 Terbaik,  4. Pengawasan Partisipatif Pilkada 2015 Terbaik, 5.Sosialisasi, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Pilkada 2015 Terbaik, 6.Pengelolaan Dana Hibah Pilkada 2015 Terbaik, 7.Sekretariat Provinsi Pilkada 2015 Terbaik, 8.Panwas Kabupaten/Kota Pilkada 2015 Terbaik, 9.Panwas Kecamatan Pilkada 2015 Terbaik, 10.PPL Pilkada 2015 Terbaik 11.Pengawas TPS Pilkada 2015 Terbaik, 12.Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Penyelesaian Sengketa Pilkada 2015 Terbaik, 13.Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Pilkada 2015 Terbaik, 14.Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Pengawasan Tahapan Pilkada 2015 Terbaik, 15.Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Pengawasan Partisipatif Pilkada 2015 Terbaik, 16.Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Sosialisasi, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Pilkada 2015 Terbaik, 17.Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Terhadap Fasilitasi dari Pemerintah Daerah Pada  Pilkada 2015 Terbaik.

 

 

Sedangkan kategori yang diberikan untuk eksternal, antara lain: Program Acara Pilkada 2015 Terbaik, Presenter Acara Pilkada 2015 Terbaik, dan Pengamat Pilkada 2015 Terbaik.

 

Di luar dari 20 kategori tersebut, di malam penganugerahan Bawaslu Award 2016 yang digelar pada Senin 29 Februari 2016 mulai pukul 19.00 di Balai Sarbini Jakarta, juga diberikan penghargaan kepada Lembaga dan Kementerian Negara, Pemerintah Daerah Provinsi, Tokoh Adat/Agama/Masyarakat di Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Media Massa Cetak, Radio, dan Online, Pemantau Pilkada, serta Tokoh Bangsa dan Pengamat Politik yang turut menyukseskan Pilkada tahun 2015.

 

Malam penganugerahan ini rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, serta dihadiri juga oleh sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jilid II, para pimpinan lembaga negara, para kepala daerah hasil Pilkada Tahun 2015 yang telah dilantik, serta jajaran Bawaslu dari seluruh Indonesia. Penyerahan Bawaslu Award 2016 akan dilakukan secara langsung oleh Wapres Jusuf Kalla kepada penerima award. Sekitar 1000 undangan akan memadati Balai Sarbini dan akan dihibur oleh beberapa artis papan atas.  (Humas Bawaslu)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu