• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Akan Coba Padukan Pemilu dengan Program Wisata

Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro saat memberi sambutan pada kegiatan Raker penyusunan rencana kerja Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Tahun anggaran 2017, di Hotel Horison Lampung, Jum’at (4/3).

Lampung, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) melaksanakan rapat kerja (Raker) penyusunan rencana kerja Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Tahun anggaran 2017, di Hotel Horison Lampung, Jum’at (4/3) hingga Minggu (6/3).

 

Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro dalam sambutannya mengatakan bahwa, politik atau Pemilu tidak termasuk di dalam 7 program nasional yang ada pada pemerintahan saat ini. Program pariwisata merupakan salahsatu yang tercantum dalam program nasional tersebut bisa dijadikan target Bawaslu untuk mengakseskan program demokrasi melaui pengawasan Pemilu ke dalam program wisata.

 

“Posisi Bawaslu yang mengelola tentang program demokrasi melalui pengawasan Pemilu diharapkan terkoneksi dengan satu atau dua program nasional,” terang Gunawan.

 

Ia menambahkan, koneksitas program antara program demokrasi melalui penyelenggaraan Pemilu dengan program wisata yang tergabung dalam program nasional akan menjadi langkah untuk menarik masyarakat Internasional supaya paham tentang demokrasi di indonesia.

 

“Bawaslu harus mencoba mengakseskan program Pemilu dengan program wisata. Kesempatan menarik wisata ke dalam ajang demokrasi melalui pengawasan Pemilu sangat efektif untuk dilakukan,”harapnya.

 

Di Tahun 2017 lanjut Gunawan, Bawaslu akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dalam mengakseskan program demokrasi melalui penyelenggaraan Pemilu terutama dalam model pengawasannya.

 

Dikatakannya kembali, kedepan perlu adanya duta-duta pengawasan Pemilu dalam konsep internasionalisasi pengawasan Pemilu di Indonesia.

 

Selain itu Gunawan mengatakan, di tahun 2014 Bawaslu telah sukses mengawal adanya revolusi mental yang dikaitkan dengan pengawasan Pemilu partisipatif. Jadi, pengawasan partisipatif yang telah Bawaslu bangun pada Tahun 2014 dengan melibatkan elemen Masyarakat sampai pelajar SMA merupakan konteks yang nyata dalam rangka mengembangkan demokrasi di Indonesia melalui pengawasan Pemilu.

 

Terkait suksesnya pengawasan Pemilu partisipatif, menurut Gunawan perlu dikembangkan kembali pada Pemilu/Pilkada berikutnya, tuturnya.

 

Raker ini dihadiri Ketua Bawaslu RI Prof Muhammad, Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah dan Endang Wihdatiningtyas, Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro, tiga Kepala Biro di Bawaslu RI, Dermawan Adhi Santoso, Ferdinand Eskol Tiar Sirait dan Berdad D Sutrisno, serta seluruh Komisioner dan Kepala Sekretariat di 34 Bawaslu Provinsi selaku peserta.

Penulis /Foto: Irwan

Editor: Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu