• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak Penyandang Disabilitas Jadi Aktor pada Pemilu 2024

Anggota Bawaslu Lollya Suhenty saat menjadi narasumber Pesta Inklusif Konekin 2023 di TMII, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengajak penyandang disabilitas menjadi aktor pada pemilu 2024 mendatang. Sebab, kata dia penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dalam proses pemilu sesuai regulasi yang ada.

“Kesamaan hak bagi penyandang disabilitas untuk memilih dan dipilih sesuai amanat Pasal 5 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ini merupakan hak yang diberikan dan ditegaskan dalam regulasi, maka jangan cuek dalam proses pemilu yang sudah di depan mata,” katanya saat menjadi narasumber Pesta Inklusif Konekin 2023 di TMII, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Soal aksesibilitas penyandang disabilitas di TPS, Lolly mendorong KPU untuk memberikan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas.

“Pasal 350 ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menerangkan soal aksesibilitas teman-teman disabilitas, jadi jangan khawatir datang ke TPS untuk memberikan suaranya. Memilih di TPS lima tahun sekali, itu hak seluruh warga negara termasuk teman-teman disabilitas,” ungkap srikandi Bawaslu ini.

Lebih lanjut, dalam Draft PKPU tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara yang sedang diharmonisasikan di Kemenkumham, Bawaslu sebelumnya memberi masukkan kepada KPU agar seluruh TPS menyediakan kertas suara model braille bagi penyandang disabilitas.

“Bawaslu akan mengawal hak suara penyandang disabilitas dapat disalurkan di TPS dengan baik. Jadi Bawaslu akan terus mendorong dan memastikan KPU dalam pelaksanaan pemungutan suara mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas,” tutupnya.

Editor: Rama Agusta
Foto: Baini Taslihudin

Tag: 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu