• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak PBNU Bersinergi Dalam Pengawasan Pemilu

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin menyerahkan buku Catatan Pengawasan Pemilu untuk Demokrasi Indonesia kepada Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) saat melakukan silaturahmi ke Kantor PBNU di Jalan Kramat Raya No. 164, Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (13/6).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI Abhan didampingi Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengunjungi Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jakarta. Kunjungan ke kantor PBNU tersebut selain untuk silaturahmi juga bertujuan mengajak PBNU untuk bersinergi dalam rangka mengefektifkan pengawasan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Serentak Tahun 2018 yang tahapannya juga akan beririsan dengan tahapan Pemililhan Umum Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, Bawaslu RI akan melibatkan banyak stakeholder, salah satunya PBNU. Bawaslu butuh sinergi dengan semua ormas dalam rangka secara bersama mengawasi Pemilu di Indonesia.

“Intinya sebelum tahapan Pemilu dimulai, kami ingin mengajak semua ormas untuk ikut serta dalam proses pengawasan Pemilu," ujar Afif saat berkunjung ke Kantor PBNU Jalan Kramat Raya No. 164, Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (13/6).

Afif juga mengatakan, dalam penyelenggaraan Pemilu nantinya, Bawaslu perlu dukungan PBNU untuk menjaga Pemilu Indonesia tetap demokratis serta menjaga Pemilu agar jauh dari isu yang berbau SARA.

Selain itu, Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, saat ini Bawaslu melaksanakan perekrutan Anggota untuk Bawaslu Provinsi dan Panwas Kabupaten/Kota. Abhan meminta keterlibatan PBNU dan semua pihak untuk mendaftar sebagai anggota Bawaslu dan Panwas Kabupaten/Kota nantinya.

"Kami berharap, ada perwakilan dari NU yang mendaftar sebagai pengawas di daerah," ujar Abhan.

Kunjungan Bawaslu RI diterima langsung oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj. Said Aqil merespon baik kehadiran Bawaslu dan memastikan akan turut mengawal proses demokrasi di Indonesia.

"Kami berterima kasih atas kehadiran Bawaslu. Dan pada dasarnya kami juga siap membantu Bawaslu mengawasi proses Pemilu," jelas Said Aqil.

Dalam kunjungan rombongan Bawaslu RI ke Kantor PBNU, Ketua dan Anggota Bawaslu RI juga memberikan cindera mata berupa buku berjudul 'Catatan Pengawasan Pemilu untuk Demokrasi Indonesia'.

Selain Ketua dan Anggota Bawaslu RI, juga hadir Kepala Biro Hukum Humas dan Pengawasan Internal Ferdinand Eskol Tiar Sirait, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Johnly Pedro Merentek dan Kepala Subbagian Hubungan Antar Lembaga Muhlis Said.

Penulis/Foto: Muhtar

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu