• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Ingatkan Perbedaan Pendapat dalam Pemilu itu Wajar, Namun Jangan Putuskan Persaudaraan

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat memberi sambutan dalam kegiatan Lawan Misinformasi untuk Pemilu Sehat pada Kamis (16/11/2023).
Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja ingatkan bahwa wajar jika ada perbedaan pendapat dalam pemilu. Namun dia berpesan agar perbedaan pendapat tersebut tidak memutus tali persaudaraan. 
 
“Kita sudah melewati berbagai pemilu, jadi kita punya pengalaman untuk berbeda pendapat. Nah dengan pengalaman itu maka teman-teman itu membuat acara seperti ini dan ini adalah sebuah bantuan yang juga support bagi pemilu kita yang sehat. 
 
Jadi pemilu sehat itu argumentasinya tetap jalan, namun tidak dengan mengutuk persaudaraan kita sebagai warga bangsa dan warga negara,” pesan Bagja saat memberi sambutan dalam kegiatan Lawan Misinformasi untuk Pemilu Sehat pada Kamis (16/11/2023).
 
Lebih lanjut, Bagja menjelaskan perbedaan pendapat yang kerap terjadi biasanya disebabkan oleh misinformasi yang tersebar di media sosial. Terutama ketika misinformasi tersebut sebarkan secara gencar, hal tersebut bisa dianggap menjadi kebenaran. 
 
Dia menjabarkan, Bawaslu telah menghadapi persoalan seperti sejak Pilkada 2018 DKI yang penyebaran disinformasinya sangat massif. Pada saat itu, dia menggambarkan tidak sedikit kasus disinformasi yang menyebabkan perselisihan bahkan sesama saudara.
 
Bagja menambahkan, hal ini berlanjut pada Pemilu 2019 yang mana kasus serupa masih terjadi. “Oleh sebab itu melawan misinformasi adalah tugas kita saat ini. Dan Bawaslu bersama kominfo sejak 2020 sudah menjalin kerja sama, dan sekarang akan membuat gugus tugas dan kita sudah berbicara tentang bagaimana menangani misinformasi yang ada,” tegasnya. 
 
Kegiatan yang diikuti oleh mayoritas pemuda di kota Bandung, diharapkan Bagja dapat memberikan dampak yang signifikan untuk menangkal penyebaran misinformasi di media sosial saat Pemilu 2024 berlangsung. “Karena misinformasi ini akan menghancurkan toleransi dan kebijaksanaan kita sebagai manusia,” ungkapnya. 
 
Editor: Rama Agusta
Penulis dan Foto: Bhakti Satrio W
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu