• English
  • Bahasa Indonesia

ANRI Serahkan Aplikasi SIKD-TIK Ke Bawaslu

Bogor, Badan Pengawas Pemilu - Kearsipan berperan penting dalam administrasi yang mempunyai kegunaan sebagai pusat ingatan dan sumber informasi dalam rangka melakukan kegiatan perencanaan, penganalisaan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, penilaian, pengendalian dan pertanggung jawaban dengan setepat-tepatnya.

Betapa pentingnya fungsi dan peran tersebut, Bawaslu RI menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Serah Terima Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (SIKD-TIK) pada Persuratan dan Arsip di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu.

Kepala Bagian Umum, Dirja Abdul Kadir saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan bahwa tujuan Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan/pemahaman penggunaan aplikasi dalam melaksanakan tugas-tugas kearsipan di lingkungan Bawaslu RI dan DKPP dengan menggunakan aplikasi SIKD-TIK. Bimtek dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 16 s.d 18 Nopember 2014 bertempat di The Highland Park Resort Hotel, Tamansari Bogor, Jawa Barat dan diikuti oleh para Kasubbag dan staf di lingkungan Bawaslu RI dan DKPP.

Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah, Nelson Simanjuntak, Sekretaris Jenderal Bawaslu, Gunawan Suswantoro, Kepala Biro Administrasi, Dermawan Adhi Santoso dan narasumber Andi Kasman, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Dalam sambutannya, Sekjend Bawaslu menyampaikan keprihatinannya terhadap sistem kearsipan di Bawaslu Provinsi yang masih memakai cara manual. Ia menilai aplikasi SIKD-TIK ini sangat baik dan berharap nantinya sistim tersebut bisa diaplikasikan ke seluruh Bawaslu Provinsi. “saya ingin manajemen persuratan dan kearsipan Bawaslu RI dan Provinsi menjadi lebih baik, dan berharap ke depan sistem tersebut terkoneksi dari seluruh Bawaslu Provinsi ke pusat” harapmya.

Pada kesempatan itu, Andi Kasman juga mengatakan bahwa aplikasi SIKD-TIK ini merupakan suatu aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis di lingkungan Instansi/Lembaga. Ia juga menjelaskan bahwa pengelolaan arsip dinamis dimulai dari tahap penciptaan hingga penyusutan, yang pelaksanaannya secara sistematis mengacu pada rancang bangun dan pengoperasian yang terpadu antara sistem kearsipan dan sistem kearsipan organisasi dalam pengelolaannya sebagai suatu sistem.

Acara dibuka secara resmi oleh pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah. Di akhir acara pembukaan dilaksanakan panandatanganan dan serah terima aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (SIKD-TIK) antara ANRI oleh Andi Kasman dengan Bawaslu RI oleh Sekjend Bawaslu.

Penulis: Ahmad Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu