• English
  • Bahasa Indonesia

ANEKA, Sistem Pendidikan Baru untuk Prajab CPNS Bawaslu RI

Bogor, Badan Pengawas Pemilu - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bawaslu RI diberi pendidikan  Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi (ANEKA). Pola diklat prajabatan pola baru ini mulai diterapkan di Pusat Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri, Semplak, Bogor, Jawa Barat.

Di hadapan pelatih dan narasumber dari Badan Diklat Kemendagri juga pejabat struktural Sekretariat Jenderal Bawaslu RI yang menjadi Mentor, para CPNS pagi ini Rabu (10/12) mulai pukul 8.15 WIB memulai pemaparan mengenai implementasi ANEKA pada bagian  masing-masing dimana mereka ditugaskan.

Diklat prajabatan bagi CPNS saat ini menekankan pada pengembangan karakter,  khususnya bagaimana peserta tersebut dibekali kemampuan untuk mengembangkan birokrasi yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, serta kesadaran bahwa NKRI sebagai harga mati bagi aparatur sipil negara.

Pemaparan ANEKA dikemas dalam sebuah seminar yang dibagi tiga kelas dimana masing-masing kelas terdiri dari     satu orang pelatih, satu orang narasumber, dan satu orang mentor beserta 10 orang CPNS. Secara bergiliran mereka (CPNS-red) memberikan paparan terkait implementasi ANEKA pada sub bagian dimana mereka ditugaskan.

Selain pelatihan ANEKA ini, para peserta juga dilatih mental dan jasmani, agar nantinya setelah mereka kembali ke Bawaslu RI dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuan yang ada di dalam dirinya, memiliki integritas, jujur, berjiwa sosial dan mampu menyelesaikan tugas yang diberikan secara tepat, cepat dan akurat.

Peran pembimbing dalam hal ini sangat penting, untuk pengembangan diri serta menyiapkan para CPNS untuk mengisi posisi jabatan yang kosong. Selain dari pengalaman sang mentor, arahan serta nasihat adalah hal yang perlu diperhatikan oleh para CPNS untuk pengembangan lembaga Bawaslu RI.

 

Penulis dan Foto           : Wisnu Broto           

Editor                           : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu