• English
  • Bahasa Indonesia

Ajak Pemilih Pemula Jadi Pengawas, Bawaslu Papua Teken MoU Dengan Dinas Pendidikan

Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) di Kota Raja Papua, Rabu (7/10/2020). Hadir pada kegiatan tersebut kiri : Anggota Bawaslu Prov Papua Jamaluddin Lado Rua, Niko Tunjanan, Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait, Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, Anggota Bawaslu Prov Papua Ronald M. Manoach, Ketua Bawaslu Prov Papua Metusalak Infandi, Plt. Kepala Sekretariat Bawaslu Prov Papua Yuhendar Muabuai.
Papua, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua melakukan kerjasama antara Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD). Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran pelajar sekolah atau pemilih pemula tentang proses pemilu di Indonesia. 
 
Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan, penandatangan MoU nantinya akan dilakukan lauching Bawaslu Go to School atau ke sekolah – sekolah untuk melakukan kegiatan sosialisasi kepada kader pengawas dengan para pelajar.
  
“Harapannya, agar siswa-siswi semakin tahu apa itu pengawasan dan apa itu demokrasi yang baik dan bagaimana kita menjaga Pemilu dan menjaga Pilkada kita dengan baik,”ujarnya pada saat memberikan sambutan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Launching Bawaslu Go to School di Kota Raja Papua, Rabu (7/20/2020). 
 
Afif mengajak kepada pelajar yang terlibat nantinya akan lebih mengetahui apa tugas dan fungsi Bawaslu. Menurutnya hal ini menjadi pemberlajaran politik sejak dini kepada pemilih pemula kedepan.
“Saya harap kepada siswa dan siswi disekila juga yang harus melakukan pendidikan penguatan demokrasi khusunya di Provinsi Papua,” ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait mengatakan pihaknya menyambut baik kepada jajaran Bawaslu yang melibatkan dengan melibatkan pemilih pemula berperan aktif menjadi kader pengawas pemilu. Menurutnya pemilih pemula menjadi agen perubahan bangsa Indonesia kedepan. 
 
“Potensi agar yang perlu ditolong dan menjadi kekuatan besar, untuk mengawasi Pemilu. Namun juga menjadi pembelajaran politik yang baik untuk kedepan, karena mereka adalah usia yang produktif atau pemilih muda,” ujarnya.
 
Permasalahan yang sedang dihadapi lanjut Christian mengatakan, adalah ketika generasi penerus bangsa dapat melakukan praktek dalam berdemokrasi.  Hal ini menurutnya setidaknya 3 poin penting berkaitan dengan momentum yang dilakukan pada kegiatan kerjasama kali ini.
 
“Pertama, bagaimana anak- anak sekolah di masa usia mereka masuk ke hal- hal yang berkaitan dengan demokrasi ini mereka bisa masuk Pilkada yang sedang berlangsung. Kedua, mereka punya usia dimana mereka juga bisa menggunakan hak pilihnya. Ketiga, mereka bisa jadi corong untuk membantu Bawaslu juga aparat pemerintah dalam menggelar Pilkada yang jujur adil dan bersih,” ujarnya
 
Turut hadir pada kegiatan tersebut Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, Ketua Bawaslu Provinsi Papua Metusalak Infandi, Anggota Bawaslu Provinsi Papua Anugrah Pata, Jamaluddin Lado Rua, Niko Tunjanan dan Ronald Manoach, Kepala DPPAD Provinsi Papua, Christian Sohilait dan Kepala Sekolah serta siswa-siswi SMA dan SMK di Kota Jayapura.
 
Penulis    : Rama Humas Bawaslu Provinsi Papua
Foto         : Aprianto Nugraha Putra 
Editor      : Hendru
Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu