• English
  • Bahasa Indonesia

Ajak Mahasiswa Jadi Agen Pengawasan Pemilu, Herwyn: Bantu Pantau dan Awasi Pelanggaran

Anggota Bawaslu Herwyn Malonda (batik coklat) dalam Dialog Pesta Demokrasi di Universitas Udayana, Bali, Minggu (29/10/2023).

Bali, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menyerukan untuk mahasiswa agar dapat terus menjadi agen pengawasan dalam Pemilu 2024 saat ini. Dia melihat salah satu caranya dengan ikut memantau dan mengawasi pelanggaran di lingkungan sekitar.

Menurutnya jiwa muda yang sedang aktif-aktifnya perlu disalurkan ke arah yang positif salah satunya ikut mewujudkan Pemilu yang bersih, menutup kesempatan bagi pelaku melakukan kecurangan. Sebab Herwyn mengingatkan pelanggaran bisa terjadi bukan sekedar karena ada niat tapi juga kesempatan.

"Kami berharap mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat bisa melakukan pemantauan dan pengawasan proses pemilu secara aktif dan partisipatif," jelas Herwyn dalam Dialog Pesta Demokrasi di Universitas Udayana, Bali, Minggu (29/10/2023).

Herwyn menerangkan tujuan partisipasi masyarakat dalam pemilu adalah menjaga kualitas proses dan hasil pemilu, meningkatkan legitimasi terhadap proses pemilu, meningkatkan partisipasi politik masyarakat luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib, dan lancar.

"Ini tujuan utama kita memperjuangkan kepentingan masyarakat. Kita pastikan hak konstitusional setiap warga negara itu dihormati," katanya.

Mahasiswa, jelas Herwyn, dapat memastikan beberapa hal saat Pemilu seperti jangan sampai yang terpilih itu hasilnya dimanipulasi atau ada proses pembelian suara. Dia meminta mahasiswa memastikan Pemilu ini untuk kepentingan masyarakat  dalam memilih pemimpin eksekutif dan Wakil Rakyat di legislatif yang baik dan amanah, bukan untuk kepentingan pihak tertentu yang dapat merusak kualitas dan integritas proses dan hasil Pemilu.

"Salah satu wujud dari partisipasi pemilu adalah mencegah tindakan kecurangan pemilu. Kita cegah tindakan kecurangan pemilu. Mari kita bergotong roying dengan semangat "moral force" menciptakan "deterence effect" bagi pelaku untuk melakukan kecurangan. Itu sih salah satu tujuan partisipasi mahasiswa dalam pemilu," tutur Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu tersebut.

Editor: Rama Agusta
Foto: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu