• English
  • Bahasa Indonesia

48 Calon Anggota Panwaslih Muba Ikuti Seleksi Tertulis

Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah menyerahkan naskah soal tes tertulis Panwaslih Muba kepada Ketua Tim Seleksi Panwaslih Muba Prof Alfitri di Wisma Atlet Sekayu, Selasa (10/5).

Sekayu, Badan Pengawas Pemilu - Integritas seorang Pengawas Pemilu sangat diutamakan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu di Indonesia. Untuk mendapat pengawas Pemilu yang berintegritas perlu rekrutmen pengawas yang juga kredibel. Hal inilah yang dilakukan oleh Bawaslu dalam merekrut jajaran Panitia Pengawas (Panwas) di daerah, termasuk di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan. Bertempat di Wisma Atlet Sekayu, Selasa (10/5), digelar tes tertulis bagi calon anggota Panwas Kabupaten Muba. Sebanyak 48 peserta mengikuti seleksi tertulis.

Dijelaskan Ketua Tim Seleksi (Timsel) Panwaslih Muba Prof Alfitri, yang mendaftar ada 53 peserta sementara yang lulus administrasi 49 peserta. Satu peserta tidak mengikuti tes tertulis disebabkan tengah menunaikan ibadah umrah. "48 peserta ini harus mengikuti tes dengan baik. Bukan timsel yang akan menggugurkan para peserta melainkan peserta itu sendiri jika tidak mampu menyelesaikan tes dengan hasil yang baik," jelas Alfitri.

Sementara Andika Pranata Jaya, Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, mengharapkan hasil seleksi ini melahirkan anggota Panwas Muba yang bisa bekerja dengan baik dalam mengawal Pilkada 2017 mendatang.  "Panwas ini harus memastikan semua proses Pilkada di Muba berjalan dengan baik. Mari kita jadikan Pilkada di Muba yang menjadi satu-satunya daerah di Sumsel yang menggelar Pilkada ini, menjadi daerah percontohan bagi daerah lainnya," ujarnya.

Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah juga mengharapkan hasil seleksi ini melahirkan anggota Panwaslih Muba yang benar-benar berintegritas. Menurut Nasrullah, yang dibutuhkan penyelenggara Pemilu adalah integritas di samping juga harus memiliki kapasitas yang tinggi. "Selain harus memiliki kapasitas, juga harus memiliki integritas. Banyak manusia saat ini yang memiliki kapasitas tinggi tapi sayang miskin integritas. Jangan sampai itu ada di jajaran penyelenggara Pemilu terutama di jajaran pengawas Pemilu," tegas Nasrullah.

Sebagai wujud integritas pelaksanaan seleksi ini, semua lembar jawaban yang telah diisi peserta disegel kembali sampai dikoreksi oleh timsel. Bahkan di akhir tes tertulis, semua soal yang dibuat dan dikawal dari Bawaslu RI di Jakarta, langsung dimusnahkan di hadapan Pimpinan Bawaslu, Ketua dan Anggota Bawaslu Sumsel, para timsel, Polresta Muba, dan perwakilan peserta. Setelah tes tertulis ini, akan ada 12 nama yang lolos untuk mengikuti seleksi wawancara dan selanjutnya akan dipilih enam peserta yang menjadi tiga anggota Panwaslih Muba dan 3 cadangan anggota Panwaslih Muba. Penulis/Foto: Pratiwi EP

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu