• English
  • Bahasa Indonesia

Masyarakat Harus Menjadi Pemilih yang Cerdas dan Rasional

Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu mengharapkan agar masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dan rasional. Pemilih yang cerdas dan rasional bertngggung jawab memilih pemimpin yang baik yang membawa aspirasi rakyat untuk kemajuan dan kesejahteraan.

“(Jadilah) pemilih yang cerdas dan rasional. Ketika datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan mau menggunakan hak pilih bukan karena uang, bukan karena iming-iming sembako, bukan karena materi, bukan karena politik uang,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan pada sosialisasi Peraturan Bawaslu pada Pemilihan Umum Anggota DPR, DPR dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (16/5/2018).

Abhan menjelaskan, Pileg dan Pilpres dilaksanakan serentak bersamaan. Menurutnya,hal itu membawa beberapa konsekuensi dan dinamika yang tinggi. “Bayangkan, kampanye presiden dan kampanye pileg itu bersamaan. Pemungutan suara pileg dan pilpres bersamaan. Mudah-mudahan nanti tetap peserta pemilu ada pada koridor undang-undang dalam melaksanakan kegiatan kampanye ini,” pungkasnya.

Selain itu Ketua Bawaslu mengingatkan bahwa ada tiga komponen yang mempunyai peran besar dalam menentukan sukses tidaknya Pilkada/Pemilu, yaitu penyelenggara, peserta dan masyarakat.

Penulis/Foto: Kartika

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu