• English
  • Bahasa Indonesia

Masyarakat Harus Menjadi Pemilih yang Cerdas dan Rasional

Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu mengharapkan agar masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dan rasional. Pemilih yang cerdas dan rasional bertngggung jawab memilih pemimpin yang baik yang membawa aspirasi rakyat untuk kemajuan dan kesejahteraan.

“(Jadilah) pemilih yang cerdas dan rasional. Ketika datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan mau menggunakan hak pilih bukan karena uang, bukan karena iming-iming sembako, bukan karena materi, bukan karena politik uang,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan pada sosialisasi Peraturan Bawaslu pada Pemilihan Umum Anggota DPR, DPR dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (16/5/2018).

Abhan menjelaskan, Pileg dan Pilpres dilaksanakan serentak bersamaan. Menurutnya,hal itu membawa beberapa konsekuensi dan dinamika yang tinggi. “Bayangkan, kampanye presiden dan kampanye pileg itu bersamaan. Pemungutan suara pileg dan pilpres bersamaan. Mudah-mudahan nanti tetap peserta pemilu ada pada koridor undang-undang dalam melaksanakan kegiatan kampanye ini,” pungkasnya.

Selain itu Ketua Bawaslu mengingatkan bahwa ada tiga komponen yang mempunyai peran besar dalam menentukan sukses tidaknya Pilkada/Pemilu, yaitu penyelenggara, peserta dan masyarakat.

Penulis/Foto: Kartika

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu