• English
  • Bahasa Indonesia

Indeks Demokrasi 2019 Naik, Sekjen Bawaslu Janji Fasilitasi Penegakan Hukum

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Sentra Gakkumdu di Medan, Selasa (3/9/2019) malam/Foto: Reyn Gloria

Medan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekertaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro menyatakan, indeks demokrasi Indonesia meningkat pada Pemilu 2019. Menurutnya, kenaikan tersebut berdasarkan partisipasi masyarakat maupun penanganan hukum pemilu.

Baca juga: Jelang Pilkada 2020, Gakkumdu Diharapkan Fokus Cegah Politik Uang

Gunawan membeberkan, indeks demokrasi Indonesia tahun 2017 adalah 7,11. Tahun 2018 naik menjadi 7,39. Kenaikan terbesar terjadi pada Pemilu 2019, sehingga indeks demokrasi Indonesia mendapatkan nilai 8.

Menurutnya, keberhasilan tersebut tak terlepas dari kontribusi para penyelenggara pemilu."Alhamdulillah, (tahun) 2019 indeks demokrasi naik cukup drastis. Ini tidak lain karena kontribusi dari penyelenggara pemilu khususnya penegakan hukum pemilu," jelasnya saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Sentra Gakkumdu di Medan, Selasa (3/9/2019) malam.

Selain itu, kenaikan indeks demokrasi ini baginya akibat kerja sama tiga institusi yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu. Dalam proyeksi mendatang, selaku Sekjen Bawaslu dirinya menegaskan, bakal terus memfasilitasi kepastian hukum khususnya pidana pemilu yang belum terselesaikan.

"Belum selesai? Kami tetap menyediakan anggaran karena ini kewajiban kami sebagai penyelenggara pemilu atas perintah UU," akunya.

Baca juga: Bagja Minta Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020 Transparan dan Akuntabel 

Dia melanjutkan, prestasi pada Pemilu 2019, sekaligus menjadi bahan evaluasi bersama untuk melangkah mengawasi gelaran Pilkada 2020. Gunawan menyatakan, beberapa catatan aturan dan hukum terkait Sentra Gakkumdu dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 telah diajukan kepada presiden untuk direvisi.

"Dalam waktu dekat mudah-mudahan DPR bisa menimbang merevisi UU Nomor 10 Tahun 2016 dalam tindak penegakan pemilu," harapnya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu