• English
  • Bahasa Indonesia

Target Pertahankan WTP, Pegawai Bawaslu Ikuti Diklat Penyusunan Laporan Keuangan

Bogor, Badan Pengawas Pemilu – Guna memenuhi target dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Bawaslu bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengadakan Pendidikan dan latihan (Diklat) Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual di Lingkungan Bawaslu Tahun 2018 di Bogor, yang telah berlangsung mulai Senin (27/8/2018) hingga Jumat (31/8/2018). Diklat ini

 

Diklat yang diikuti 74 orang peserta ini bertujuan agar staf keuangan yang bertugas sebagai operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) dan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) diharapkan mampu menyusun laporan yang akurat sehingga tercapai tertib administrasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara formal. 

 

Hasil yang telah dicapai setelah peserta mengikuti diklat ini adalah memahami sistem akuntansi dan tata cara penyusunan laporan keuangan pemerintah pusat, mampu menjelaskan bisnis ke dalam catatan atas laporan keuangan dan pesera dapat menggunakan aplikasi SIMAK BMN dan menyampaikan data SIMAK BMN ke aplikasi SIMAN, mengerti tata cara pelaporan SAI dari tingkat unit akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sampai dengan tingkat Pengguna Anggaran. Selain itu peserta dapat mengoperasikan aplikasi SAIBA berikut jurnal terkait proses bisnis yang terjadi selama satu periode, dan peserta mampu menjawab semua soal yang diberikan oleh panitia terkait penyusunan laporan keuangan.

 

Kepala Bagian Keuangan Pakerti Luhur dalam arahannya berpesan kepada peserta diklat agar ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan sehingga dapat mempertahankan WTP yang sudah diraih Bawaslu tiga kali berturut-turut.

 

“Semoga ilmu yang telah didapat selama seminggu ini bisa diimplementasikan sehingga bisa mempertahankan WTP yang sudah diperoleh,” harapnya.

 

Penulis/Foto: Tika

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu