• English
  • Bahasa Indonesia

Peringati Puncak Satu Dasawarsa, Bawaslu Tandatangani Tiga Nota Kesepahaman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Hari ini Bawaslu yang genap berusia sepuluh tahun atau satu dasawarsa mengadakan Acara Puncak Peringatan Satu Dasawarsa Bawaslu. Acara yang dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi dan Panwaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia itu digelar di Halaman Parkir Kantor Bawaslu, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Di sela momen penting tersebut, Bawaslu melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan tiga lembaga, yaitu Ombudsman RI, Komnas HAM, dan PPUA Penca. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan lanjutan dari kerja sama yang sudah dilakukan oleh Bawaslu dengan beberapa lembaga sebelumnya.  “Kegiatan MoU yang tadi baru kami laksanakan adalah beberapa rangkaian kegiatan MoU yang sudah kami laksanakan dengan lembaga lain,” ungkap Ketua Bawaslu Abhan dalam pidato sambutannya.

“Kami sudah lakukan semua dalam rangka untuk mendorong dan kerja sama dengan seluruh stakeholder yang punya kepentingan,” lanjut Abhan.

Abhan menegaskan bahwa Bawaslu mengharapkan dukungan seluruh stakeholder pemilu agar Bawaslu semakin kuat, bisa menjalankan fungsi pengawasan dan pencegahan serta mengawal demokrasi di Indonesia dengan lebih baik. “Peran-peran Bawaslu sudah dilakukan oleh para pendahulu kami, periode pertama dan periode kedua,” ujarnya.

Acara Puncak Peringatan Satu Dasawarsa Bawaslu ini merupakan lanjutan dari beberapa kegiatan yang dilakukan Bawaslu dalam rangka memeriahkan HUT ke-10 Bawaslu. Sebelumnya Bawaslu sudah menggelar beberapa perlombaan, yaitu Lomba Foto Kategori Umum dan Wartawan yang diikuti lebih dari 100 peserta, Lomba Desain Maskot dan Vlog, serta Lomba Karya Tulis Jurnalistik Kategori Berita dan Kategori Opini yang diikuti 600-an peserta. Sehari sebelumnya Bawaslu juga menyelenggarakan jalan sehat, donor darah, dan festival kopi. “Hari minggu kami juga sudah menyelenggarakan kegiatan dalam rangkaian ulang tahun, yaitu jalan sehat, yang diikuti oleh hampir 2000 orang,” terang Abhan.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Yuliandre Darwis, Deputi I Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum,dan Keamanan RI, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri, Deputi Badan Intelijen Negara, serta Irjen TNI.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Friday, 21 September 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
KPU RI, Jakarta
Waktu:
Friday, 21 September 2018 - 18:30 WIB
Tempat :
Berita Satu, Jakarta
Waktu:
Friday, 21 September 2018 - 10:30 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI
Waktu:
Friday, 21 September 2018 - 17:30 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Thursday, 20 September 2018 - 18:30 WIB
Tempat :
TV ONE, Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu