• English
  • Bahasa Indonesia

Pemilu Jadi Bagian Penting Membangun Peradaban Bangsa

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo mengingatkan pentingnya peningkatan kesadaran politik masyarakat guna menyukseskan Pemilu 2019. Hal itu lantaran pemilu merupakan bagian penting dalam proses membangun peradaban bangsa.

Demikian ungkap Ratna Dewi saat menjadi narasumber dalam seminar yang diselenggarakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Jakarta, Senin (22/10/2018).  Menurut Ratna Dewi, partisipasi masyarakat tidak hanya mesti terus didorong untuk menggunakan hak pilihnya. Akan tetapi, juga partisipasi untuk ikut menjadi bagian dalam menegakkan hukum pemilu.

“Pemilu itu jangan dimaknai dengan sekedar datang ke TPS untuk mencoblos. Pemilu itu sebenarnya adalah bagian penting untuk membangun peradaban bangsa karena perilaku kita didalam pemilu itu akan memberi warna tersendiri. Bagaimana kita membangun peradaban bangsa tapi juga dibutuhkan kerja sama pihak pihak  yang terlibat langsung,” katanya.

Dalam proses inilah, sambung Ratna Dewi, keterlibatan banyak pihak perlu didorong. Pertama dengan membangun kesadaran masyarakat yaitu pemilih itu sendiri. Kemudian kedua penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu, dan ketiga adalah peserta pemilu.

Seminar ini dihadiri  Gubernur Lemhannas  Agus Widjojo, Ketua DKPP Harjono, Sekjen Nasdem Johny G. Plate, Ketua DPP Nasdem Syahul Yasin Limpo, serta Pengamat Politik Gun Gun Heryanto.

Penulis/foto: Abdul Hamid Idrus

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu