• English
  • Bahasa Indonesia

Kesukseskan Pemilu Bergantung Pada Profesionalitas Penyelenggara

Medan, Badan Pengawas Pemilu – Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, profesionalitas penyelenggara menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan Pemilu. Sebagai penyelenggara, pengawas Pemilu harus menjalankan tugas dengan baik dan profesional.
 
“Pemilu kali ini punya karakter berbeda dari Pemilu sebelumnya. Menggabungkan dua jenis Pemilu dalam waktu yang bersamaan bukan hal yang mudah.  Garansinya ada pada penyelenggara,” jelas Dewi pada kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Soliditas Pengawas Pemilu yang Berkarakter, di Medan, Minggu (4/11/2018).
 
Penyelenggara, jelas Dewi, harus siap secara kelembagaan dan secara personal. Kesiapan pengawas Pemilu menjadi tolak ukur penting untuk menjamin Pemilu 2019.  Tolak ukurnya adalah cara pengawas Pemilu bekerja terhadap tiga hal penting yaitu pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa
 
Dewi mengakui, menjadi pengawas Pemilu bukanlah pekerjaan yang mudah dan bekerja pada zona yang aman, apalagi bila ada tekanan publik dan peserta Pemilu yang  terjadi pada masa-masa pelaksanaan tahapan Pemilu, terutama ketika sedang melakukan penanganan pelanggaran.
 
 “Pengawas Pemilu dituntut untuk menjadi pribadi yang cerdas secara emosional dan spiritual karena bekerja di wilayah politik mempunyai godaan yang besar. Penyelenggara harus profesional dan jangan menjadi bagian yang merusak Pemilu,” tegas Dewi.
 
Penulis/Foto: Tika
Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Tuesday, 16 October 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Monday, 15 October 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Sunday, 14 October 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Monday, 8 October 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Monday, 8 October 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu