• English
  • Bahasa Indonesia

Kesukseskan Pemilu Bergantung Pada Profesionalitas Penyelenggara

Medan, Badan Pengawas Pemilu – Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, profesionalitas penyelenggara menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan Pemilu. Sebagai penyelenggara, pengawas Pemilu harus menjalankan tugas dengan baik dan profesional.
 
“Pemilu kali ini punya karakter berbeda dari Pemilu sebelumnya. Menggabungkan dua jenis Pemilu dalam waktu yang bersamaan bukan hal yang mudah.  Garansinya ada pada penyelenggara,” jelas Dewi pada kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Soliditas Pengawas Pemilu yang Berkarakter, di Medan, Minggu (4/11/2018).
 
Penyelenggara, jelas Dewi, harus siap secara kelembagaan dan secara personal. Kesiapan pengawas Pemilu menjadi tolak ukur penting untuk menjamin Pemilu 2019.  Tolak ukurnya adalah cara pengawas Pemilu bekerja terhadap tiga hal penting yaitu pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa
 
Dewi mengakui, menjadi pengawas Pemilu bukanlah pekerjaan yang mudah dan bekerja pada zona yang aman, apalagi bila ada tekanan publik dan peserta Pemilu yang  terjadi pada masa-masa pelaksanaan tahapan Pemilu, terutama ketika sedang melakukan penanganan pelanggaran.
 
 “Pengawas Pemilu dituntut untuk menjadi pribadi yang cerdas secara emosional dan spiritual karena bekerja di wilayah politik mempunyai godaan yang besar. Penyelenggara harus profesional dan jangan menjadi bagian yang merusak Pemilu,” tegas Dewi.
 
Penulis/Foto: Tika
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu