• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Gagas Gerakan Bersama Tolak Politik Uang, Politisasi SARA dan Ujaran Kebencian

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Dalam rangka mensosialisasikan pengawasan partisipatif dalam Pemilihan Gubernur Bupati dan Walikota Tahun 2018 dan Pemilihan Legaslatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Bawaslu mengagas gerakan bersama tolak politik uang, politisasi SARA dan ujaran kebencian.

Ketua Bawaslu RI, Abhan mengatakan Undang-Undang mengamanatkan Bawaslu untuk melakukan pencegahan, salah satunya terkait politik uang. “Jadi guna mencegah politik uang maka kita bertemu untuk mengagas gerakan bersama tolak politik uang, politisasi SARA dan ujaran kebencian,” kata Abhan dalam arahannya pada kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Sebanyak 155 peserta yang berasal dari organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, lembaga pemantau, penggiat pemilu, lembaga survei, perguruan tinggi dan perwakilan media hadir duduk bersama dalam gerakan ini. “Saat ini money politic sudah menjadi momok dalam demokrasi, hal ini menjadi tantangan bagi Bawaslu serta semua pihak untuk mengeliminasi persoalan money politic dalam pemilu dan pilkada,” tambah Abhan.

Abhan menjelaskan sudah banyak kepala daerah dan beberapa anggota DPR yang tersangkut dalam persoalan korupsi yang dipicu persoalan money politic. Oleh sebab itu, pertemuan ini tidak hanya menguatkan stakholder yang terkait tetapi juga dapat memunculkan sinergi dengan seluruh komponen masyarakat.

“Tidak hanya penguatan stakholder, tapi juga bagaimana forum ini bisa mengawal konsolidasi demokrasi di Indonesia, bersinergi antara penyelenggara, pengawas dan seluruh komponen masyarakat pemilu di Indonesia,” tandasnya.

Hadir dalam acara ini, Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, Fritz Edward Siregar, dan Rahmat Bagja, serta Kepala Biro TP3, Kabag Sosialisasi serta staf kesekretariatan sekjen Bawaslu RI.

Penulis dan Photo : Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu