• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Awasi Ketat Produksi dan Distribusi Surat Suara

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Pencetakan surat suara perdana untuk Pemilu 2019 dilaksanakan secara serentak pada Minggu, 20 Januari 2019. Bawaslu memastikan akan melakukan pengawasan yang ketat dalam proses distribusi hingga nantinya distribusi surat suara Pemilu 2019.

“Inilah hari dimana surat suara itu baru dicetak dan tidak pernah ada surat suara yang dicetak sebelum hari ini. Bawaslu mengawasi ketat setiap jumlah suara yang dicetak dan tidak ada surat suara yang melebihi daripada yang seharusnya yang dikeluarkan dari pada pabrik,” kata Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar saat mengawasi proses pencetakan surat suara perdana di PT. Gramedia di Gedung Kompas, Jakarta, Minggu (20/1/2019). Selain di Gedung Kompas, Fritz juga melakukan pengawasan pencetakan surat suara perdana oleh PT. Aksara Grafika Pratama di Cakung, Jakarta Timur.

PT. Gramedia menjadi salah satu penyedia untuk pencetakan dan distribusi surat suara Pemilu 2019 setelah menjadi satu dari enam pemenang pada pengadaan yang diadakan oleh KPU RI. PT. Gramedia akan mencetak surat suara untuk lima Provinsi, yaitu Provinsi Aceh, Sumetera Utara, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Total surat suara yang akan dicetak di PT.Gramedia adalah 292.019.984 lembar.

Turut harir dalam pencetakan surat suara perdana, Anggota KPU RI Ilham Saputra, dan Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Alfitra Salam.

penulis/foto: Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu