• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak Penyelenggara Pemilu Solid Dalam Menghadapi Problematika Pemilu 2019

Bogor, Badan Pengawas Pemilu – Dalam rangka persiapan menghadapi pemilihan umum tahun 2019 Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar Bimbingan Teknis Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 bagi  Komisi Pemilihan Umum, baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sebagai pihak termohon dalam persidangan MK. Dalam kesempatan tersebut, anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menegaskan, penyelenggara pemilu seyogyanya mengkomunikasikan perbedaan antar penyelenggara pemilu sebelum tampil di publik sehihgga penyelenggara pemilu tidak dipermainkan pihak lain.

“Bapak-ibu agar dapat mengkomunikasikan perbedaan yang tidak sepaham antar penyelenggara pemilu sehingga tidak muncul ke publik dan kita tidak dipermainkan oleh pihak lain,” ujarnya di sela-sela penyampaian materi pada kegiatan Bimtek Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilu Tahun 2019 bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Se-Indonesia Angkatan I di Bogor, Selasa (2/10/2018).

Menurut Fritz, KPU dan Bawaslu harus solid dan bekerjasama untuk menjadi kekuatan dalam menjalankan proses pemilu. Potensi problematika dan mekanisme pengawasan serta penyelesain sengketa dalam Pemilu 2019 akan menghadapi banyak tantangan.

Fritz menilai kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi (MK) akan sangat membantu untuk memahami prosedur, mekanisme dan tahapan penyelesain perselisihan hasil Pemilu 2019. Para penyelenggara pemilu dan pemangku kepentingan yang terdiri dari partai politik, calon anggota legislatif, dan pengacara akan menjadi para pihak dalam sidang perselisihan tersebut.

“Harus diingat peran Bawaslu mengawasi tahapan, memberikan perlindungan kepada peserta pemilu dan penyelenggara pemilu. Bekerjalah sesuai dengan prosedurnya masing-masing, karena ada DKPP yang mengawasinya,” pungkasnya di hadapan 150 peserta bimtek.

Penulis dan Photo : Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Tuesday, 16 October 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Monday, 15 October 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Sunday, 14 October 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Monday, 8 October 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Monday, 8 October 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019