• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu: Dorong Pasangan Calon Berkompetisi Sehat

Ketua Bawaslu RI memberikan materi kepada para peserta Rapat Koordinasi Nasional Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015. Muhammad mengharapkan para pihak untuk mendorong pasangan calon untuk berkompetisi secara sehat.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI Muhammad said semua pihak harus bisa mendorong pasangan calon untuk berkompetisi secara sehat dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2015. Hal ini ditujukan untuk mendukung suksesnya pesta demokrasi daerah.

Disampaikan Muhammad dalam Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015 di Ecovention Jakarta, Kamis (12/11),  tanggung jawab kesuksesan Pilkada bukan hanya di penyelenggara melainkan pada semua pihak. Untuk itu ia mengharapkan sinergitas semua pihak untuk bersama mengawal Pilkada.

“Saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun lalu banyak yang beranggapan Indonesia akan bergejolak dengan gesekan-gesekan yang begitu panas tapi alhamdulillah semuanya ternyata tidak terjadi. Bahkan pelantikan presiden/wakil presiden dan anggota DPR/DPD/DPRD bisa dilaksanakan dengan aman. Kami melihat adanya sinergitas dari semua pihak. Mudah-mudahan sinergitas itu tetap bisa terjalin di Pemilu selanjutnya,” ujar Muhammad.

Muhammad juga mengharapkan jajaran pemerintah daerah turut mengingatkan tim sukses agar tidak mencoba melakukan kecurangan dengan ‘menggoda’ penyelenggara Pemilu, khususnya jajaran pengawas. Ia menegaskan, Bawaslu terus membangun komitmen, independensi, dan tegas menjalankan aturan. “Kami tidak mau bermain-main dengan kepercayaan rakyat. Jangan sekali-kali kami ‘digoda’,” tegas Muhammad.

Dalam hal fasilitasi, Muhammad juga meminta pemerintah daerah bisa memberikan fasilitas anggaran secara proporsional. “Berikan kami kesempatan untuk fokus pada pengawasan jalannya Pilkada. Jangan bebani kami dengan fasilitas anggaran yang tidak memadai, cukup proporsional saja,” pungkasnya.

Penulis: Pratiwi Eka Putri

Foto: Hendru Wijaya

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Thursday, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Monday, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Monday, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu