• English
  • Bahasa Indonesia

Siaga I, Tahapan Pemilu

Jakarta. Awaslupadu.com - Ketua Bawaslu Muhammad menetapkan tahapan Pemilu 2014 telah memasuki Siaga 1, dengan demikian harus lebih serius dan lebih fokus menyukseskan Pemilu 2014. Beberapa waktu lalu, Bawaslu menemukan pasangan calon kepala daerah mengeksploitasi isu agama sebagai komoditas politik dalam berbagai Pemilu kada.

 

Dengan pengalaman tersebut, Bawaslu akan hadir untuk mengkomunikasikan dan membangun sinergitas dalam pencegahan upaya kampanye yang intoleran. Semua kelompok diperlakukan sama sesuai dengan asas Pemilu, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. "Pada kampanye terbuka, kami sering mendapat laporan adanya kampanye intoleran," papar Muhammad.

Maka sebelum memasuki masa-masa kampanye terbuka, Bawaslu akan melakukan upaya pencegahan, misalnya mengajak pimpinan ormas dan untuk memahami problem kampanye intoleran. Mengenai segala persiapan Pemilu, Bawaslu meminta agar semua urusan pelaksanaan segera dituntaskan.

Komisioner Bawaslu Daniel Zuchron, KPU perlu meningkatkan kinerja agar Pemilu kali ini menjadi yang terbaik. KPU harus memastikan, seluruh daftar persoalan Pemilu, tuntas 14 hari sebelum pencoblosan, termasuk urusan logistik dan pendistribusiannya. "Harusnya selesai dua pekan sebelum Pileg," tegas Daniel.

Hingga hari ini, KPU belum bisa menuntaskan ragam permasalahan Pemilu. Padahal Pemilu putaran awal hanya menyisakan tiga bulan lagi dan akan diadakan dua kali, yaitu putaran pertama, yaitu Pileg (9 April) mendatang dan pemilihan di luar negeri (30 Maret - 6 April). KPU masih terlihat santai, padahal persoalan DPT yang menjadi persoalan utama harus segera diselesaikan, seperti daftar pemilih ganda dan penghapusan nama-nama pemilih rancu yang berpotensi memunculkan polemik besar dalam pemilihan.

"Jangan sampai menjelang Pileg, persoalan DPT ini masih ada, kami meminta terus memperbaiki jumlah DPT tersebut. Kami akan pantau persoalan logistik lainnya, seperti proses cetak surat suara dan tinta," tambah Daniel yang menurutnya persoalan DPT ini mempengaruhi kebutuhan cetak surat suara pemilih dan pihaknya mendesak agar KPU menuntaskan pendistribusian logistik Pemilu, 14 hari sebelum pencoblosan.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu