• English
  • Bahasa Indonesia

Mutakhirkan DPT,Bawaslu Jabar Percaya Ke KPU

Jawa Barat, jabar.bawaslu.net.Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mempercayakan KPU dalam pemutakhiran Data Pemilih Tetap (DPT) yang sebelumnya dikerjakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dengan dilakukan oleh KPU, hal itu dinilai dapat menjamin validitas pemilih. Selama ini, penetapan DPT dinilai amburadul karena hingga saat ini tak kunjung selesai baik di tingkat pusat ataupun tingkat Kabupaten/Kota.

Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto telah menggagas pemutakhiran DPT hanya dilakukan satu pintu, yakni oleh KPU sejak awal hingga akhir.

"Setiap pemilu, baik di tingkat Kabupaten ataupun Provinsi pemutakhiran data selalu dari nol. Nah, jika dilakukan satu pintu, data DPT bisa digunakan secara berkelanjutan," tutur Harminus dalam diskusi publik di kantor Bawaslu Jabar, Jalan Turangga, Kota Bandung, Jumat (15/11/2013)

Pihaknya akan terus mendorong sehingga regulasi ini terdapat payung hukumnya. Jika dilakukan satu pintu, lanjut Harminus, KPU bisa terus melakukan pembaruan DPT setiap saat.

"Pemutakhiran dilakukan sampai tingkat kabupaten/kota. KPU mempunyai dua setengah tahun untuk menyelesaikan DPT agar persiapan pemilu berjalan dengan lancar," kata dia.

Komisioner KPU Jabar, Endun Abdul Haq mengaku setuju penerapan sistem DPT secara berkelanjutan. Dia mengakui pemutakhiran DPT jelang pemilu selalu kacau balau.

"Kita mendapatkan DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) dari pemerintah. Tapi setelah kita cek secara faktual ada beberapa masalah, seperti orang meninggal, anggota TNI Polri, bahkan anak kecil yang terdaftar sebagai calon pemilih," kata Endun.

Seharusnya, lanjut Endun, pemilih tersebut digugurkan. Dia pun tidak mengetahui alasan pemerintah mengenai DP4 yang diajukan penuh dengan kesalahan.

"Jika nanti KPU mengurus sendiri DPT dari awal hingga akhir, tetap kita akan bekerjasama dengan pemerintah, khususnya Disdukcapil. Terutama dalam pengisian NIK dan warga yang masih belum mempunyai KTP," jelas dia.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu