• English
  • Bahasa Indonesia

Humas Diminta Dekat Dengan Media

“Saya tidak pernah memejamkan mata sebelum melihat website Bawaslu” -

Jakarta, Bawaslu – Begitu pentingnya mencermati beragam berita dan telah menjadi bagian dari kebutuhan membaca, membuat Ketua Bawaslu RI DR Muhammad sering tidur larut malam. Beragam berita dan informasi di bidang politik dan Pemilu di berbagai website dilahapnya termasuk berita dan informasi upaya pencegahan dan pengawasan tahapan Pemilu di website Bawaslu RI.

“Saya tidak pernah memejamkan mata sebelum melihat website Bawaslu, tetapi saya sangat sedih kalau sudah tiga hari beritanya itu-itu saja yang tampil. Padahal banyak sekali kegiatan kita (sosialisasi dan pencegahan) ada di Bawaslu RI, di provinsi dan seterusnya,” kata Muhammad sebelum menutup pelatihan penulisan berita bagi Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi se Indonesia, di Hotel Aston Marina Jakarta, Senin (2/12) malam.

Dikatakan, website Bawaslu sangat penting untuk menginformasikan dan mensosialisasikan berbagai kegiatan pencegahan dan pengawasan yang dilakukan jajaran Bawaslu di pusat dan di daerah dalam seluruh tahapan Pemilu 2014. Masyarakat tidak perlu sampai mendatangi kantor Bawaslu RI untuk mengetahui apa saja yang telah dilakukan Bawaslu untuk mewujudkan Pemilu bersih, jujur, adil dan bermartabat.

Karenanya, jajaran Bawaslu khususnya yang membidangi kehumasan, publikasi dan sosialisasi diminta pro aktif menyebarluaskan informasi yang perlu diketahui masyarakat melalui berbagai media yang ada baik internal maupun eksternal. Muhammad juga mengingatkan personil humas, publikasi dan sosialisasi sedapat mungkin menjalin kemitraan strategis dengan berbagai stakeholder khususnya kalangan media massa.

“Wartawan itu harus dipandang sebagai bagian central dari kehidupan demokrasi. Media sekali lagi bisa mengangkat orang dalam waktu singkat sekaligus bisa menjatuhkan orang dalam waktu singkat,” ujar Muhammad.

Sementara itu wartawan senior Majalah Tempo, Wahyu Muryadi mengatakan, berhadapan dengan kalangan media butuh komunikasi yang baik dan keterbukaan. Kalangan humas diharapkan lebih percaya diri dalam menjalin komunikasi dengan media massa khususnya dalam melayani media yang membutuhkan fasilitasi informasi untuk mendapatkan nara sumber di lembaga Bawaslu.

Wahyu tidak menampik ada oknum wartawan yang memainkan fungsi ganda selain sebagai pewarta informasi. Terhadap oknum wartawan ini, Wahyu mengatakan yang bersangkutan dapat dilaporkan kepada pimpinan di lembaganya bernaung atau organisasi profesi media bersangkutan.

“Kalau dia nakal, laporkan ke pimpinannnya, bisa ke redakturnya, kalau tidak mempan bisa ke pemimpin redaksinya. Kalau tidak mempan juga bisa ke organisasi profesi atau ke Dewan Pers,” kata Wahyu saat memberian pembekalan kepada pejabat/staff Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi se Indonesia dalam konteks pelatihan penulisan berita.

Kalangan media massa sebagaimana profesi lainnya telah diatur dalam UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Sehingga dalam menjalankan profesinya, kalangan media massa juga dituntut mampu bertanggungjawab dan profesional. Termasuk ada sanksi yang bisa dikenakan apabila melanggar kode etik profesinya.

Dalam pelatihan penulisan berita kepada Pejabat/Staff Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi se Indonesia kemarin, para peserta dibekali pengetahuan tentang teknik wawancara, berhadapan dengan nara sumber, melayani kalangan media massa, melakukan penulisan berita straight news, soft news dan feature termasuk latihan menulis siaran pers. Para peserta nampak antusias mengikuti pelatihan penulisan berita, hal ini ditunjukkan dengan melaksanakan tugas menulis berita dan siaran pers Ketua Bawaslu RI DR Muhammad mengapresiasi positif dan berterimakasih kepada sejumlah narasumber dan fasilitator dari kalangan media massa yang telah berkontribusi pengetahuan dan keterampilannya dalam profesi jurnalis. Nara sumber dan fasilitator yang dihadirkan adalah Wahyu Muryadi, wartawan senior Majalah Tempo dan fasilitator yakni Pemred Radar Politik (media online) Roy Wijaya dan reporter RRI Puspita Ayu.(rs)

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Monday, 3 February 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Friday, 31 January 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Tuesday, 4 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Wednesday, 5 February 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu