• English
  • Bahasa Indonesia

Tingkatkan Kualitas Personil, Bawaslu Gelar Pelatihan Sentra Gakkumdu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam rangka meningkatkan kualitas Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkkumdu) dalam menangani perkara dugaan pelanggaran tindak pidana Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Bawaslu RI menggelar Pelatihan Sentra Gakkumdu dalam Penyelidikan, Penyidikan, dan Penuntutan bagi Sentra Gakkumdu Kabupaten/Kota Tahun 2017, sejak Selasa (12/12/17) hingga Kamis (14/12/17)

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afiffudin meminta kepada seluruh jajaran, baik dari unsur Pengawas, Kepolisian, dan Kejaksaan tingkat kabupaten/kota yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu untuk menjadikan pelatihan ini sebagai wadah menimba pengetahuan terkait tata cara menangani pelanggaran tindak pidana Pemilu nanti.

"Pelatihan Ini harus dijadikan sebagai bekal untuk menghadapi tahapan Pilkada dan Pemilu nanti. Bekal bagaimana Sentra Gakkumdu menindaklanjuti temuan atau laporan dari masyarakat terkait pelanggaran," kata Afif saat memberikan arahan pada sesi pembukaan pelatihan.

Menurut Afif, ketika bertugas nanti sudah tidak bisa lagi mundur untuk belajar. Yang ada hanya saling koordinasi antar ketiga Institusi ini. Untuk itu, keseriusan dalam pelatihan ini sangat diharapkan.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi ini juga menekankan pentingnya kerja sama antar personil yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu. "Jangan sampai ada di antara kita yang mengedepankan sifat ego kelembagaan. Kita harus saling mendukung, saling mengisi kekurangan, dan saling belajar.

"Jika hal tersebut tidak dijalankan, kita akan saling lempar tanggung jawab. Ini yang harus kita hindari," ujar Afif.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak. Ia meminta kepada Kepala Satuan Reskrim (Kasat Reskrim), Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) dan Pengawas Pemilu kabupaten/kota yang menjadi peserta pelatihan untuk benar-benar serius mengikuti pelatihan ini.

Ia mengatakan, pelatihan ini akan menjadi bekal yang harus dikuasai para jajaran tiga institusi ini untuk menghadapi praktik sesungguhnya nanti. Di luar itu, sambung Herry, kesempatan pelatihan ini juga harus dijadikan kesempatan saling mengenal satu sama lain.

"Jika sudah saling mengenal, koordinasi yang dilakukan nanti akan lebih mudah dan cair," pungkasnya.

Penulis/Foto: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 26 Juni 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Merlynn Park Hotel - Jakarta
Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu