• English
  • Bahasa Indonesia

Tiga Elemen Penting Mampu Sukseskan Pilkada

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Menurut Ketua Bawaslu RI Abhan, terdapat tiga elemen besar yang mampu menentukan sukses tidaknya pelaksanaan Pilkada 2018 nanti. Elemen tersebut antara lain, Penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, dan pemilih (masyarakat).

“Saya kira tiga elemen ini mampu mewujudkan Pilkada sukses jika dapat menjalankan perannya masing-masing dengan baik,” kata Abhan saat menjadi narasumber pada Rakornas Persiapan Pilkada 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Secara rinci Abhan memaparkan peran dan tugas ketiga elemen penting ini. Menurut Abhan Pilkada akan sukses salah satunya jika penyelenggara Pemilu bisa menjaga integritas, indepedensi, objektifitas, dan netralitasnya dalam melaksanakan dan mengawal Pilkada nanti.

Berikutnya, lanjut Abhan, yaitu peserta Pilkada, baik yang melalui jalur Parpol ataupun perseorangan. Peserta Pilkada ini harus mentaati dan mematuhi segala regulasi dan aturan yang ada jika ingin Pilkada sukses.

“Bersainglah secara sehat tanpa menjatuhkan satu sama lain. Ketika kampanye harus mengedepankan rasa damai. Jangan menyebarkan isu-isu yang berbau SARA,” serunya.

Dan terakhir yaitu pemilih (masyarakat). Dalam hal ini Abhan menempatkan masyarakat sebagai otoritas tertinggi dalam menentukan proses Pilkada akan seperti apa. Masyarakat yang menentukan pemimpinnya siapa dan daerahnya maunya seperti apa. Untuk itu, masyarakat harus menjadi pemilih yang cerdas dan rasional. Harus menjadi pemilih yang datang ke TPS bukan karena selembar uang.

Untuk diketahui, Rakornas ini turut dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, Menteri Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, Ketua KPU RI Arif Budiman, Gubernur seluruh Indonesia, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, serta KPU dan Bawaslu seluruh Indonesia.

 

Penulis/Foto: Irwan

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 11 Juli 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Bogor
Waktu:
Rabu, 11 Juli 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Bogor
Waktu:
Selasa, 26 Juni 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Merlynn Park Hotel - Jakarta
Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu