• English
  • Bahasa Indonesia

Tak Lolos Jadi Peserta Pemilu, Parpol Dapat Ajukan Sengketa Proses ke Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Dua Partai politik (Parpol) yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan oleh KPU pada Pemilu 2019 dapat  melayangkan gugatan sengketa proses Pemilu ke Bawaslu.

Hal tersebut disampaikan Abhan kepada media ketika menghadiri Rekapitulasi Nasional Hasil Verifikasi dan Penetapan Partai Politik peserta Pemilu 2019 oleh KPU, di Hotel Grand Mercure, Gajah Mada, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018).

 "Parpol yang tidak lolos ini, dapat mengajukan sengketa proses Pemilu ke Bawaslu. Silahkan datang ke M.H Thamrin 14. Kami terbuka untuk semua," terang Abhan.

Dari 16 Parpol,  terdapat 14 Parpol yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh KPU dan berhak menjadi peserta Pemilu 2019.

14 Parpol tersebut yakni, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Adapun Parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU yaitu Partai Bulan Bintang (PBB) serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Penulis/Foto: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 11 Juli 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Bogor
Waktu:
Rabu, 11 Juli 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Bogor
Waktu:
Selasa, 26 Juni 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Merlynn Park Hotel - Jakarta
Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu