• English
  • Bahasa Indonesia

Ratna Dewi: Tingkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Bawaslu

Lampung, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Kinerja sebuah lembaga termasuk lembaga pengawas Pemilu salah satunya diukur melalui kepercayaan publik terhadap lembaga tersebut. Untuk itu, Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo meminta kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu daerah untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga pengawas Pemilu.

“Lembaga pengawas Pemilu selalu disorot publik. Publik menunggu kebijakan dan kinerja kita dalam mengawal semua proses tahapan Pilkada dan Pemilu. Mari kita tingkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga kita ini,” tegas Ratna Dewi dalam RakornasPengawasan Tahapan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, di Kota Bandar Lampung, Rabu (28/3/2018).

Menurut mantan Ketua Bawaslu Sulteng tersebut, kinerja pengawas Pemilu yang dihasilkan tidak ada artinya tanpa diiringi kepercayaan publik. Jadi kepercayaan publik ini menjadi keniscayaan bagi Bawaslu.

Ratna Dewi menambahkan, publik harus mengetahui apa saja yang pengawas Pemiluakukan. Prasangka buruk publik atas pengawas Pemilu salah satunya adalah kurangnya informasi mengenai tugas dan kinerja yang dilakukan oleh pengawas Pemilu.

“Oleh karena itu pengawas Pemilu harus melakukan komunikasi yang baik dengan publik sebagai bentuk keterbukaan,” kata Dewi.

Penulis/Foto: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu